Soeratin Sosrosoegondo, Ketum Pertama PSSI sekaligus Pejuang Sumpah Pemuda
 

Soeratin Sosrosoegondo, Ketum Pertama PSSI sekaligus Pejuang Sumpah Pemuda

Soeratin Sosrosoegondo

Foto: Line-scdn.net

Poin Ekstra

Di Indonesia sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dan diminati berbagai kalangan. Sepak bola pun sudah menjadi hidup dan mati bagi mereka yang sangat mencintainya. Sehingga terbentuklah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) untuk membuat para pecintanya lebih erat alias semakin dekat. Tapi dibalik itu, terdapat perjuangan yang sangat bermoral juga berkaitan dengan 'Hari Sumpah Pemuda'.

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober ternyata ada kaitannya dengan sosok Ketua Umum pertama PSSI, Soeratin Sosrosoegondo. Soeratin merupakan satu dari sekian banyak pemuda Indonesia yang memperjuangakan sumpahnya demi kebaikan negara. Ia sangat gemar bermain sepak bola tapi juga sadar akan kepentingan pelaksanaan ketiga butir Sumpah Pemuda. Sehingga Soeratin merasa kalau organisasi sepak bola bisa menjadi alat atau wadah untuk mndorong persatuan Indonesia, yang dikorbarkan dalam Sumpah Pemuda.

Related imageSekilas tentang Ketum Pertama PSSI Soeratin Sosrosoegondo

Foto: Cdninstagram.com

Semangat juang itulah yang membuat Soeratin mundur dari pekerjaan awalnya di sebuah perusahaan Belanda. Demi menerapkan Sumpah Pemuda ia rela aktif di pergerakan pemuda pada tahun 1928, Soeratin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di berbagai kota besar seperti Solo, Yogya hingga Bandung. Dalam perjalanannya, PSSI tetap melakukan perlawanan terhadap Hindia Belanda. Perlawanan yang dimaksud tidak secara fisik, tetapi penekanan mengenai ‘Sepak Bola Kebangsaan’ ke segala lapis masyarakat.

Bukan cuma itu,, Soeratin juga terus mengobarkan semangat perjuangan kepada anak-anak muda Indonesia lewat sepak bola. Salah satunya adalah dengan menargetkan partisipasi di Piala Dunia 1938 yang diselenggarakan di Prancis. Pada akhirnya Indonesia tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya, tapi dengan nama Hindia Belanda setelah lolos lewat Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, bersama dengan Jepang.

Related imagePara pemain sepak bola Indonesia

Foto: Akamaized.net

Semua prestasi dan semangat juang tersebut didasari oleh penerapan Sumpah Pemuda pada diri Soeratin. Ia berhasil menularkan semangat tersebut kepada seluruh anak didiknya sampai saat ini. Semoga PSSI tak henti memperjuangan Sumpah Pemuda yah!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
28 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Pada tahun berapakah Soeratin Sosrosoegondo meninggal dunia?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.