Dapat Rp3,9 Miliar, Simon McMenemy Resmi Berpisah dengan Timnas Indonesia
 

Dapat Rp3,9 Miliar, Simon McMenemy Resmi Berpisah dengan Timnas Indonesia

Simon McMenemy/ Foto: Sinarharapan.co

Poin Ekstra

Kabar mengejutkan datang dari PSSI melalui rapat Exco yang berlangsung pada Rabu, 6 November 2019 lalu. Dalam rapat tersebut, PSSI resmi mencabut nama Simon McMenemy dari kursi pelatih Timnas Indonesia. Keputusan ini dibuat tentu bukan tanpa alasan. PSSI menilai kinerja Simon sejak 20 Desember 2018 tidak membuahkan hasil bagi kemenangan Timnas Indonesia. 

Hasil gambar untuk simon mc menemyPelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy/ Foto: Ayosemarang.com

Simon dinilai gagal karena Tim Merah-Putih menuai empat kekalahan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Masing-masing takluk 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, 0-5 dari Uni Emirate Arab (UEA) dan terakhir kalah 1-3 dari Vietnam. Alhasil, Simon yang seharusnya menemani Timnas Indonesia hingga akhir tahun 2022 mendatang harus berakhir di awal. 

Hal ini pun berdampak pada PSSI, mereka harus mengganti rugi alias membayar kompensasi pemutusan kontrak dengan Simon, totalnya mencapai miliaran rupiah lho. Federasi dikabarkan harus membayar sisa gaji Simon hingga akhir tahun 2022 sesuai kontrak. Gaji Simon sekitar 20 ribu dolar AS (sekitar Rp280 Juta) per bulan, jika ditotal dari tanggal pemutusan kerja hingga habis kontrak, jumlahnya mencapai Rp3,9 miliar. 

Hasil gambar untuk iwan bule pssiKetua Umum PSSI Muhammad Iriawan alias Iwan Bule/ Foto: Kompas.com

Namun, Ketua Umum PSSI, Muhammad Iriawan merespon dengan santai persoalan ganti rugi pemutusan kerja Simon. Menurutnya ini sudah aturan alias risiko, ia menegaskan PSSI lebih memilih prestasi daripada uang. Kalau uang bisa dicari, sedangkan prestasi wajib dikejar demi nama baik Indonesia. "Itu risiko aturannya memang begitu, tidak bisa kita karena ada aturannya kita pilih mana prestasi atau uang. Kita tentunya kita memilih prestasi, maaf kalau uang bisa kita cari. Kalau prestasi kita kejar karena nama baik Indonesia. Itu risiko kita karena ada kontrak," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini dikutip oleh Bola.com.

Hasil gambar untuk luis milla dan shin tae yongLuis Milla dan Shin Tae yong/ Foto: Indosport.com

Meskipun begitu, Simon masih akan mendampingi Indonesia di ajang Kualifikasi Dunia 2022. Laga terakhirnya adalah kontra Malaysia pada 19 November 2019. PSSI sendiri sudah menemukan dua kandidat nama untuk menggantikan Simon sebagai pelatih. Dua nama tersebut ialah Luis Milla dan Shin Tae Yong. Untuk keputusan siapa yang terpilih, kita tunggu saja kabar terbaru dari PSSI. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
07 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah Simon McMenemy berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.