Susul Breakdance, Skateboard Masuk dalam Cabor Olimpiade 2024
 

Susul Breakdance, Skateboard Masuk dalam Cabor Olimpiade 2024

Poin Ekstra

Olahraga memiliki banyak cabang yang bisa kalian geluti, tapi enggak semua cabang diperlombakan di ajang-ajang besar seperti Olimpiade. Kabar gembiranya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) dikabarkan bakal menambah empat cabang olahraga (cabor) baru dalam Olimpiade 2024 di Paris. Keempatnya adalah breakdance, skateboarding, selancar dan panjat tebing.

Breakdance, selancar dan panjat tebing sudah lebih dulu dikonfirmasi bakal diperlombakan dalam Olimpiade 2024. Sedangkan skateboarding sendiri baru saja diumumkan oleh akun resmi IOC Media pada 25 Juni 2019 kemarin, melalui twitter resmi mereka. Keputusan tersebut diambil IOC saat tengah menyelenggarakan pertemuan di Lausanne, Swiss dengan para petinggi. Mereka mengeluarkan suara bulat untuk menyepakati tambahan olahraga baru ke jadwal Olimpiade.

Tapi yang pasti, keempat cabor tersebut bakal mendapat pengawasan ketat dari IOC, sebelum memberikan keputusan akhir hingga akhirnya resmi dipertandingkan untuk mendapatkan medali pada Desember 2020 mendatang.

Sejumlah cabang olahraga sudah mempersiapkan segala halnya dari sekarang. Salah satunya Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) langsung fokus mempersiapkan para atletnya. Ketua II PP FPTI Pristiswan Buntoro menegaskan, persiapan tersebut utamanya ditujukan untuk atlet nomor boulder dan lead yang kemampuannya dinilai masih tertinggal dari negara-negara lain. “Sekarang adalah kesempatan di prakualifikasi. Kami akan menggunakannya benar-benar untuk meningkatkan kemampuan atlet dan pembuat jalur di lead dan boulder,” ujar Pristiswan dari keterangan resmi FPTI.

Image result for skateboard atletgoogle.com

Bicara soal Olimpiade Musim Panas 2024, alangkah baiknya kalo kita bahas seputarnya. Olimpiade Musim Panas 2024  ajang olahraga internasional utama yang akan diselenggarakan di Paris, Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Paris sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 1900 dan Olimpiade 1924, menjadikan Paris sebagai kota kedua yang pernah menjadi tuan rumah yang telah menyelenggarakan Olimpiade sebanyak tiga kali setelah London (1908, 1948, dan 2012).

Terdapat 5 kandidat kota yang mengajukan diri untuk pemilihan olahraga yang diadakan dalam sidang umum KOI tapi sayangnya Hamburg, Roma, dan Budapest mengundurkan diri, dan hanya tersisa Paris serta Los Angeles sebagai dua kandidat terakhir. Proposal kota terpilih yang akan mengadakan Olimpiade Musim Panas 2024 dan 2028 diterima pada sidang umum luar biasa IOC yang diadakan pada 11 Juli 2017.

Image result for olimpiade 2024google.com

Dalam persiapannya, Paris tengah mengerjakan inovasi alat transportasi taksi terbang yang bakal melayani pengunjung yang hendak menonton turnamen di Olimpiade Paris 2024. Taksi ini akan membawa penumpang dari Bandara Charles de Gaulle ke kota Paris. Taksi "terbang" ini dibuat untuk mempersingkat waktu tempuh bandara hingga ke kota Paris. Sebab, saat ini jarak keduanya memakan waktu satu jam. Maka, melalui transportasi ini pengunjung dapat menghemat waktu kurang dari satu jam. Ada tiga perusahaan yang terlibat dalam proyek tersebut yaitu Airbus, Aeroports de Paris dan Otoritas Transportasi Paris.

Sementara itu Aeroports de Paris harus memilih lokasi pusat taksi "terbang" di Paris pada akhir 2019 dan harus siap dalam waktu 18 bulan. Menurut Direktur Jenderal Eksekutif ADP Group Edward Arkwright, pihaknya membutuhkan investasi infrastruktur sebesar US$11,3 juta untuk menyiapkan lokasi itu. Lalu, untuk membuat mesin Vertikal Take-off and Landing (VTOL) yang bakal disematkan pada taksi, ADP bekerja sama dengan Airbus. Keduanya akan bekerjasama dalam beberapa tahun ke depan untuk mengembangkan skema mobilitas perkotaan. Idealnya, taksi ini nantinya akan tersedia tiap enam menit sekali.

Image result for olimpiade 2024google.com

ADP dan Airbus diketahui telah memiliki dua model prototipe taksi "terbang" yaitu Vahana yang dirancang dengan kursi tunggal dan CityAirbus dengan empat kursi. Teknologi baterai dan pendeteksi tabrakan pada taksi-taksi terbang ini makin baik, seperti diungkap Kepala Bidang Aeronautika dan Masalah Pertahanan Deloitte Jean-Louis Rassineux. Namun, taksi terbang ini masih harus menyelesaikan sejumlah kendala seperti kompatibilitas dan pengaturan lalu lintas udara.

Image result for taksi terbang parisgoogle.com

Jadi, buat kalian yang berminat nonton Olimpiade 2024 ke Paris, jangan sampai enggak nyobain taksi terbang yang lagi ngehits banget yah

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
26 Jun 2019

20 Poin Ekstra
Selain Breakdance dan Skateboard sebutkan cabor yang juga akan memeriahkan Olimpiade Jika Disetujui Oleh Panita?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.