Selebrasi Minum Teh Alex Morgan Mengundang Kritik Pedas
 

Selebrasi Minum Teh Alex Morgan Mengundang Kritik Pedas

Poin Ekstra

Dunia sepakbola internasional membawa kabar kurang sedap, perang dingin karena kesalahpahaman kembali terjadi. Selebrasi wakil kapten Amerika Serikat, Alex Morgan di 'Piala Dunia Wanita 2019' menuai kontroversi. Alex melakukan selebrasi dengan cara meminum secangkir teh, setelah mencetak gol kemenangan timnya atas Inggris di semifinal ajang tersebut.

Image result for selebrasi alex morgangoogle.com

Penyerang Juventus dan tim nasional Inggris, Lianne Sanderson menyebut kalau selebrasi 'minum teh' yang dilakukan oleh Alex Morgan, adalah tindakan yang sangat tidak terhormat alias tidak menghormati tradisi tuan rumah. Selebrasi itu dianggap menghina Inggris, karena ternyata masyarakat di negeri Ratu Elizabeth terkenal dengan kegemarannya meminum segelas teh di pagi hari. Orang Inggris memang terkenal maniak dengan teh, ia punya tradisi minum teh di pagi dan sore hari dengan sebutan 'Afternoon Tea'. Ciri khasnya adalah teh disajikan dengan camilan-camilan kecil yang disusun di nampan lapis tinggi atau three tier.

Image result for selebrasi alex morgangoogle.com

Tradisi tersebut sudah melewati sejarah panjang sejak tahun 1800-an, dan populer di kalangan bangsawan Inggris di masa itu. Tradisi ini juga bisa dibilang sebagai ajang bertemu ataupun bersosialisasi, bahkan afternoon tea dianggap lebih berfokus pada sisi lifestyle atau gaya hidup dibanding teh itu sendiri. Orang Inggris jaman dulu biasanya meminum black tea (teh hitam atau merah). Jadi, selalu disediakan susu atau gula, etika lainnya pun sikap duduk harus tegak. Makanya, enggak heran kalo masyarakat Inggris menganggap selebrasi Alex sebagai hal yang kurang sopan atau meledek.

Dilansir dari Independent, Alex Morgan menanggapi berbagai cibiran tersebut dengan santai, ia merasa tidak ada niatan untuk menghina atau menyindir siapapun. Alex menegaskan hanya ingin membuat selebrasi yang khas seperti kapten Amerika Serikat, Megan Rapinoe. "Saya ingin membuatnya menarik. Saya tahu Megan Rapinoe punya selebrasi terbaik, jadi saya harus mencoba melakukannya dengan cara berbeda," kata Alex Morgan. "Saya merasa tim ini terlalu banyak dikritik dari berbagai hal. Saya merasa kami harus melalui jalan berliku di turnamen ini dan itu seperti minum teh," tutupnya. Fyi, Timnas putri Amerika Serikat memang berhasil memenangkan laga dengan skor 2-1 atas Inggris. AS lebih dulu berkat gol Christen Press ketika laga berjalan 10 menit, Inggris menyamakan kedudukan via Ellen White pada menit ke-19. Gol penentu kemenangan AS dicetak oleh sang kapten, Alex Morgan yang tampil mengantikan Megan Rapinoe menggunakan ban kapten.

Image result for selebrasi alex morgangoogle.com

Nah, di menit ke-31, striker berjulukan 'Predator Cantik' itu mengukir gol indah lewat sundulan dari umpan Kelley O'Hara. Skor 2-1 jadi hasil akhir laga dan membawa Timnas Amerika Serikat melaju ke babak final. Setelah itulah baru ia melakukan selebrasi, selebrasi sendiri merupakan ungkapan emosional yang dilakukan setelah pemain mencetak gol ke gawang lawan, atau ketika merayakan kemenangan. Luapan emosi pemain sepakbola adalah hal yang menarik untuk diteliti dalam lingkup ilmu komunikasi terutama komunikasi nonverbal. Selebrasi yang dilakukan oleh pemain sepakbola selalu ditampilkan dalam bentuk pesan kinesik gestural, fasial, maupun postural. Tokoh lapangan hijau menyampaikan pesan mereka lewat selebrasi yang menarik dan unik.

Image result for selebrasi alex morgangoogle.com

Sebagai contoh, selebrasi yang dilakukan oleh Bebeto. Bebeto merupakan striker andalan Brasil di tiga edisi Piala Dunia, yaitu pada tahun 1990, 1994, dan 1998. Pada gelaran Piala Dunia tahun 1994 di Amerka Serikat, Bebeto melakukan selebrasi dengan mengayunkan kedua tangannya yang ditempelkan seperti layaknya menimang bayi. Apakah arti dari selebrasi Bebeto?

Image result for selebrasi Bebetogoogle.com

Bebeto menggunakan pesan fasial dan gestural. Dalam selebrasi tersebut, Bebeto mengayunkan kedua tangannya dengan ekspresi tersenyum gembira. Saat itu Bebeto sedang diliputi dengan perasaan bahagia. Putra ketiga Bebeto lahir ke dunia. Sang penyerang tak bisa menemani istri melewati persalinan. Maka dari itu, Bebeto mempersembahkan gol yang ia cetak ke gawang Belanda untuk kelahiran putra ketiga. Pada pertandingan itu, Bebeto mencetak dua gol untuk kemenangan Brasil dengan skor 3-2. Selebrasi yang dilakukan Bebeto merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas lahirnya anak ketiga Bebeto ke dunia.

Image result for selebrasi Francesco Tottigoogle.com

Hal yang sama juga dilakukan oleh Francesco Totti. Pemain loyal AS Roma ini mempunyai selebrasi khas dengan menghisap ibu jarinya setelah berhasil merobek jala lawan. Ternyata, hal itu merupakan ucapan rasa syukur sang pangeran Roma terhadap istrinya. Dalam selebrasi menghisap ibu jari, Totti menggunakan pesan gestural ke publik. Pesan gestural yang terlihat adalah Totti menghisap ibu jarinya. Totti bersyukur dan berterimakasih karena sang istri dapat memberikan anak padanya dan sekaligus menjadikan Totti seorang ayah. Dirinya merasa terhormat bisa menjadi istri sekaligus ayah bagi anak-anaknya. So, bagaimanakah cara atlet andalan kalian melakukan selebrasi?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
04 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah total gol yang dicetak oleh Amerika Serikat?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.