Lewati Batas! Nor 'Phoenix' Diana Jadi Pegulat Pertama Wanita Berhijab
 

Lewati Batas! Nor 'Phoenix' Diana Jadi Pegulat Pertama Wanita Berhijab

Poin Ekstra

Seorang pegulat asal Malaysia berani melewati batas dengan menjadi wanita berhijab pertama yang menggeluti olahraga gulat atau yang biasa kita kenal Wrestling, tidak hanya itu di atas ring dia dikenal sebagai seorang wanita yang garang dan di juluki sebagai 'Phoenix'.

Kenapa mendapatkan julukan 'Phoenix'? Karena burung api ini digambarkan memiliki bulu yang indah berwarna merah dan keemasan, sesuai dengan kostum yang digunakan oleh wanita bernama Nor Diana (bukan nama sebenarnya) yang berani tampil beda dan mau bergabung dengan olahraga yang biasa didominasi oleh para pria.

Walaupun memiliki badan yang tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 155 sentimeter (lima kaki, satu inci) dan berat 43 kilogram, membuatnya lebih cepat dan tangkas ketika berada di atas ring sehingga membuat semua lawan kewalahan saat menghadapinya.

Hasil gambar untuk nor diana phoenixmalaymail

Dirinya sempat mendapatkan kritik tajam oleh para kaum pria karena profesinya tersebut, tetapi kritikan itu membuat wanita berusia 19 tahun ini tetap mengikuti kata hati untuk terus bermain gulat, sehingga nantinya banyak wanita berhijab mau mengikuti jejaknya.

"Meskipun saya seorang Muslim, dan saya mengenakan jilbab, tidak ada yang bisa menghentikan saya dari apa yang saya sukai," katanya di atas ring setelah memenangkan pertarungan baru-baru ini dilansir dari AFP.

Karena ketenarannya tersebut dirinya menjadi brand ambassador sebuah pakaian lokal gulat bernama Malaysia Pro Wrestling (MyPW), yang memiliki kesamaan dengan World Wrestling Entertainment yang sangat populer dari Amerika Serikat.

Nor Diana juga mengatakan kenapa dirinya lebih senang menggunakan nama samaran dari pada nama asli, karena saat di luar ring dia adalah seorang yang pemalu dan bersuara lembut, yah maklum saja selain berprofesi sebagai pegulat dirinya adalah seorang pekerja di sebuah rumah sakit Malaysia.

Tetapi ketika dia memakai perlengkapan gulatnya, dia berubah menjadi Phoenix yang menakutkan. "Sebagai Phoenix, aku orang yang sama sekali berbeda. Dia mungkin kecil, tapi dia bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dibayangkan orang,"

"Ketika dia di atas ring, dia cepat dan selalu ingin menang," jelasnya.

Nor Diana pertama kali memulai pelatihan sebagai pegulat pada akhir 2015, mengikuti impian masa remajanya menjadi pegulat, dan memulai debutnya beberapa bulan kemudian.

Lebih dari 60 persen dari 32 juta penduduk Malaysia adalah Muslim Melayu yang pada umumnya menutupi aurat mereka dengan jilbab tradisional dan mengikuti ajaran agama, sehingga masyarakat masih bisa bersikap konservatif.

Hasil gambar untuk nor diana phoenixgulf news

"Pada awalnya selalu sulit bagi saya, karena banyak orang mengatakan saya tidak bisa bergulat karena saya seorang Muslim dan saya mengenakan jilbab," katanya.

Tetapi saya terus manju, dengan dukungan penuh keluarga, dan saat ini dia menikmati kesuksesan terbesarnya dengan berhasil mengalahkan empat pegulat pria untuk dinobatkan sebagai juara gulat Malaysia.

Awalnya dia berkompetisi memakai topeng, untuk mengurangi kemungkinan orang akan mengenalinya. Tapi setelah kalah dalam pertandingan tahun lalu, dia melepasnya dan dirinya sudah tidak mengenakan topeng sejak saat itu.

Dan hal tersebut membuat popularitasnya terus meningkat, ribuan orang saat ini sudah mengikuti dirinya di sosial media sehingga dampak tersebut bisa membantu meningkatkan profesi gulat di Malaysia.

Meskipun semakin populer, gulat masih relatif kecil di negara Asia Tenggara. Hanya ada sekitar 30 pegulat saja yang masih aktif hal tersebut dikarenakan jadwal pertandingan yang berlangsung setiap dua atau tiga bulan sekali.

Nor Diana adalah satu dari dua pegulat wanita yang terlalu populer.

"Setelah dia menjadi populer, kami didatangi banyak wanita berhijab yang bertanya tentang cara bergabung untuk menjadi pegulat," Ayez Shaukat Fonseka, pelatih dan sesama pegulat, mengatakan kepada AFP.

"Dia agak memecahkan penghalang dan hanya membuktikan kepada mereka bahwa jika dia bisa melakukannya, mereka juga bisa melakukannya."

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
23 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.