Wejangan Imam Nahrawi Buat Para Atlet Indonesia di ASEAN School Games'19
 

Wejangan Imam Nahrawi Buat Para Atlet Indonesia di ASEAN School Games'19

Poin Ekstra

ASEAN School Games ke-11 akan segera berlangsung pada 17-25 Juli 2019 mendatang. Luar biasanya, di pergelaran kali ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah yang bakal diselenggarakan di Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang. Bukan hanya berperan sebagai tuan rumah, Indonesia juga mengirimkan banyak atlet cilik andalan di berbagai cabang olahraga (cabor).

Untuk membuat semangat para atlet cilik semakin membara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memberi wejangan berkelas melalui instagram resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenporari). "Selamat berjuang bagi anak-anakku yang akan berjuang di ASEAN School Games 2019. Persiapkan diri kalian dengan baik, berlatihlah dengan rajin, bertandinglah dengan kepercayaan diri tinggi, dan bersenang-senanglah," ungkap Menpora Imam Nahrawi dengan nada penuh motivasi.

"Persembahkan yang terbaik untuk negeri dan junjung sportivitas. Semoga ajang ASEAN School Games 2019 ini bisa mempererat hubungan Indonesia dengan negara ASEAN lainnya," lanjutnya.

Sebelum itu, Menteri Imam pun sempat membuat target di ajang bergengsi tersebut. Ia menargetkan para atlet muda bisa meraih juara umum karena Indonesia berstatus sebagai tuan rumah. Nantinya negara kita bakal beradu kebolehan dengan 10 negara lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, hingga Singapura. Cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah Atletik, Bulutangkis, Basket, Sepak Takraw, Renang, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Voli dan Pencak Silat.

Image result for asean school games

Kemeriahan acara yang satu ini pun enggak kalah dari ajang Asian Games 2018 lalu. ASEAN School Games juga memiliki maskot dan logo yang penuh makna. Plh Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyatakan kalau maskot ASEAN School Games adalah Warak Ngendog, salah satu hewan mitologi yang cukup populer di Semarang. Warak Ngendog melambangkan Semarang yang multi-etnis dan terdiri dari masyarakat heterogen. Lebih lanjut, ia juga menuturkan kata Ngendog yang artinya bertelur itu memiliki makna melahirkan atlet-atlet muda yang penuh semangat dan berprestasi. Sedangkan tema yang diangkat, yakni Unity, Spirit and Respect.

Bahkan maskot ini sempat dipuji oleh Imam, menurutnya Warag Ngendog menggambarkan keterpaduan luar biasa tentang kebersamaan dari perbedaan yang ada. Sosok tersebut merupakan hewan fantasi khas Kota Semarang yang memperlihatkan harmoni 3 etnis yang hidup di Semarang yaitu China, Jawa, dan Arab yang terjalin sejak lama. Sedangkan logonya terinspirasi dari keris dan bertema Unity, Spirit, and Respect.

Image result for asean school games 2019

 "ASEAN School Games ingin mengabarkan pada dunia, khususnya di ASEAN, kalau ingin belajar tentang memaknai penghormatan tentang perbedaan, maka belajarkan ke Indonesia," kata Imam.

Btw, ada beberapa alasan kenapa Semarang terpilih sebagai Kota tempat berlangsungnya ASEAN School Games 2019. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinung N Rachmad, mengatakan diselenggarakannya ASG di Kota Semarang karena venue yang memenuhi standar dan akomodasi yang dekat. Gelaran itu bekerjasama antara Kemenpora, Disporapar Jateng, dan Dispora Kota Semarang.

Semarang juga sudah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan kejuaraan multi cabang. Sehingga seluruh sarana pergelaran tersebut sudah tuntas siap digunakan. Kepada panitia penyelanggara, Imam meminta agar semuanya dipersiapkan dengan baik, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Dia juga berpesan kepada seluruh atlet yang akan bertanding agar selalu semangat dan pantang menyerah.

"Yang menang tidak boleh jumawa, yang kalah jangan bersedih, karena kedepannya masih ada kejuaraan-kejuaraan lain. Semuanya tetap harus bersatu padu di atas perbedaan. Selamat bertanding," ujar Menteri Imam Nahrawi. So, buat kalian yang suka banget sama dunia olahraga, atau kepengen menyaksikan pergelaran ASEAN School Games 2019, langsung aja dateng ke Semarang dan beli tiketnya. Okeh?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
03 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Berlangsumg di kota manakah ASEAN School Games?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.