Wejangan B.J Habibie yang Terkenang di Hati Para Atlet Indonesia
 

Wejangan B.J Habibie yang Terkenang di Hati Para Atlet Indonesia

Poin Ekstra

Kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia, B.J Habibie untuk selamanya masih menyisakan luka mendalam bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Semua tentang Presiden Habibie seakan sangat sulit untuk dilupakan, mereka yang tak mengenal langsung sosoknya pun merasa sangat kehilangan dan terluka. Perasaan duka mendalam juga dirasakan oleh para atlet kebanggaan bangsa.

Image result for hendrawan bj habibiegoogle.com

Seperti pebulutangkis legendaris Susi Susanti, pelatih tunggal putra Malaysia Hendrawan hingga Rafid Habibie yang merupakan cucu dari adik kandung B.J Habibie sendiri, Junus Effendi Habibie. Meskipun Habibie dikenal sebagai Bapak Teknologi, namun namanya juga melekat di dunia olahraga.

Legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti sangat terpukul saat mendengar Presiden Habibie telah menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu, 11 September 2019 lalu pukul 18.05 WIB. Sontak ia teringat satu wejangan dari B.J Habibie yang sangat melekat dalam dirinya, "Dalam penyambutan, Pak Habibie cuma mengatakan di tengah ketidakpercayaan negara-negara lain atau di tengah kisruh di Indonesia, Indonesia tetap ada dan bisa berikan prestasi lewat bulu tangkis" kata Susy Susanti.

Image result for susy susanti bj habibiegoogle.com

Mantan tunggal putra Indonesia, Hendrawan juga merasakan hal serupa. Ia yang kini menjalankan profesi sebagai pelatih tunggal putra Malaysia, tak bisa melupakan kenangan haru bersama B.J Habibie. Saat pergelaraan Piala Thomas 1998 bertepatan pada kondisi negara tengah krisis dan diwarnai sejumlah kerusuhan, Timnas Indonesia yang diperkuat oleh Hariyanto Arbi dan Hendrawan berhasil menorehkan prestasi atas kemenangan mereka. Kepulangan skuad tersebut pun disambut oleh Presiden Habibie di tengah-tengah suasana menegangkan itu.

(ki-ka) Hendrawan, Ricky Subagja, BJ Habibie, Hasri Ainun Besari, Hariyanto Arbigoogle.com

Disitulah, BJ Habibie memberikan pesan mendalam kepada Hendrawan yang memenangkan Piala Thomas 1998. "Pak Habibie cuma bilang kepada tim Piala Thomas yang saat itu bisa juara pada situasi sulit, 'Sedikitnya bisa mengobati luka bangsa akibat kerusuhan'," tutur Hendrawan.

Sedangkan Rafid Habibie yang juga menekuni dunia olahraga, mengaku diberikan wejangan yang sangat memotivasi oleh B.J Habibie. "Jangan pernah menyerah untuk meraih suatu mimpi sampai tuhan panggil pulang,"

Image result for rafid habibiegoogle.com

 kata Rafid. Dengan hal-hal diatas, maka sungguh tak heran kalau Presiden Habibie dijulukis sebagai 'Bapak Demokrasi'. Karena sepanjang hidupnya hanya dihabiskan untuk terus memikirkan bangsa. Luar biasa bukan? Selamat Jalan Eyang Habibie...

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
12 Sep 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama adik BJ Habibie?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.