Uganda: Satu Stadion Untuk Lima Klub
 

Uganda: Satu Stadion Untuk Lima Klub

Poin Ekstra

Masyarakat Uganda sangat menyukai pertandingan sepak bola. Antusiasme masyarakatnya bahkan mampu membuat roda perekonomian terhenti sejenak. Apalagi jika klub andalan sedang bertanding, banyak masyarakat akan meninggalkan pekerjaannya dan mulai mengantri di stadion untuk mendapatkan posisi menonton terbaik.

Stadion di Uganda memiliki banyak perbedaan dengan Indonesia. Bila di Indonesia satu stadion digunakan untuk satu hingga dua klub untuk markas,Uganda bisa sampai 5 klub. Hal ini terpaksa dilakukan asosiasi sepakbola Uganda untuk mengakomodasi jalannya pertandingan.

Lapangan pertandingan yang tersedia terbatas. Hal ini dikarenakan Uganda memiliki jarak stadion satu dengan stadion lainnya cukup jauh. Ditambah keadaan ekonomi Uganda yang belum sepenuhnya dapat berdiri sendiri membuat proses pembangunan menjadi terhambat.

Karakteristik stadion Kaykeka

https://airtelfootball.ug/wp-content/uploads/2019/03/kakyeka-stadium-fans.pngairtelfootball.ug

Salah satu stadion yang digunakan di Negara Afrika timur ini adalah Stadion Kaykeka. Bukan hal yang baru lagi jika kita melihat dua atau lebih pertandingan dalam sehari yang memanfaatkan stadion ini. Berjarak 270 dari Kampala (ibu kota Uganda) stadion ini cukup menarik minat masyarakat untuk menyaksikan pertandingan.

Stadion kaykeka berada di Mbaara Uganda. Menjadi satu-satunya stadion di wilayah tersebut maka klub-klub di kota itu harus menggunakan secara bergantian. Tercatat ada lima klub yang menggunakannya sebagai markas yaitu Biharwe FC, Mbarara United, Rwampara FC, Mbarara FC dan Nyamityobora FC.
Perbaikan kelayakan stadion

https://airtelfootball.ug/wp-content/uploads/2019/03/Stadium-works-at-Buhinga-by-President-Museveni-in-2018.pngairtelfootball.ug

Perhatian pemerintah dirasa sangat kurang dalam menyediakan fasilitas bertanding. Hal ini terlihat atas keputusan dewan asosiasi sepak bola Uganda musim lalu. Beberapa klub dilarang bertanding setelah inspeksi yang diadakan. Stadion Kaykeka dinyatakan tidak layak digunakan karena kesan jorok dan banyak kerusakan dari berbagai titik. Akibatnya banyak klub harus menjadi musafir ke luar daerah untuk menjalankan laga home.

Keprihatinan masyarakat disampaikan kepada pejabat yang berwenang dan secara bertahap stadion di Uganda mulai mendapat kucuran dana perbaikan. Terbukti setelah beberapa lama stadion Kaykeka sudah layak kembali dijadikan ajang pertandingan sepak bola.  

Pembangunan stadion baru

http://www.realsportingac.org/wp-content/uploads/2019/03/Uganda-Police-Football.jpgrealsportingac.org

Mengutip dari realsportingac.org pemerintah Uganda berencana membangun beberapa stadion baru. Departemen kepolisian Uganda bahkan berencana memiliki stadion pertandingan sendiri. Ide ini muncul untuk mengakomodasi penonton dan tentu saja pemain. Jarak stadion pertandingan yang terlalu jauh dari domisili dapat menurunkan kinerja tubuh dalam permainan.

Jadi sebagai warga Indonesia wajib bersyukur hampir setiap kota memiliki stadion yang layak dan bersih. Jangan divandalisme apalagi di rusak ya.Yuk jaga fasilitas umum supaya dapat digunakan anak cucu kita kelak. Salam Olahraga.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
15 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan klub yang menjadikan Stadion Kaykeka sebagai markas mereka?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.