Pejudo Cantik Asal Belanda Tutup Usia dalam Insiden Si Jago Merah
 

Pejudo Cantik Asal Belanda Tutup Usia dalam Insiden Si Jago Merah

Poin Ekstra

Dunia olahraga kembali diselimuti berita duka atas kepergian salah satu atlet juara dunia judo, Kim Akker. Pejudo cantik asal Belanda tersebut dinyatakan meninggal dunia dalam insiden kebakaran yang terjadi di sebuah penginapan. Ketika itu diketahui Akker memang tengah berlibur dan menginap di resor Playa del Carmen, di pantai timur Meksiko. Tapi nahasnya, liburan tersebut malah berbuntut bencana dan merenggut nyawa Akker.

Dilansir dari Sun Sports, ledakan yang terjadi dalam penginapan tersebut berawal dari bocoran gas. Ketika itu Akker tengah berada di dalam rumah dan merasa sangat bingung sekaligus terkejut saat kejadian. Awalnya Akker dikabarkan hanya mengalami luka bakar tingkat dua dan tiga di seluruh tubuhnya, tapi ternyata nyawanya tak tertolong alias dinyatakan meninggal dunia setelah tiga hari di rawat di rumah sakit terdekat. Sekarang pihak kejaksaan tengah melakukan penyelidikan terkati insiden tersebut, apakah kejadia itu murni kecelakaan atau terdapat unsur kelalaian manusia.

Image result for Kim Akkergoogle.com

Bicara soal Kim Akker, ia merupakan atlet yang berasal dari Kota Den Helder, Belanda. Akker juga menjadi mantan juara nasional tiga kali dan mewakili Belanda di Festival Olimpiade Pemuda Eropa di Utrecht, hingga Kejuaraan Judo Eropa Junior. Btw, Judo adalah seni bela diri, olahraga dan filosofi yang berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang bernama Jujutsu. Jujutsu ini mengarah ke seni bertahan dan menyerang dengan tangan kosong maupun senjata pendek. Perkembangan cabang olahraga bela diri yang satu ini memang sangat pesat. Olahraga ini menjadi model dari seni bela diri Jepang, gendai budo yang dikembangkan dari sekolah (koryu) tua. Fyi, pemain judo disebut sebagai Judoka atau Pejudo. Sekarang bela diri judo menjadi cabang olahraga yang populer, bahkan menjadi cabang resmi di Olimpiade.

Image result for Kim Akkergoogle.com

Tapi perlu kalian tau, Judo dan Jujutsu punya perbedaan secara harafiah lho. Kata 'Judo' adalh 'cara yang halus', yang dimaskud memiliki arti konotasi secara etika dan filosofis. Meskipun disebut halus, tapi sebenarnya judo merupakan kombinasi dari teknik-teknik keras dan kembut, maka dari itu judo dapat pula diartikan sebagai 'cara yang lentur'. Sedangkan Jujutsu, memiliki terjemahan harfiah 'kemampuan yang halus', latihan ini dipusatkn pada cara-cara tertentu dan formal, sedangkan judo menekankan pada latihan bebas teknik tertentu dalam perkelahian bebas, hal ini membuat pelatihan judo berjalan lebih dinamis.

Image result for Kim Akkergoogle.com

Para kontestan jujutsu menggunakan seragam yang relatif berat (hakama). Para praktisi awal judo menggunakan semacam celana pendek, namun tidak lama kemudian mereka lebih memilih menggunakan busana Barat yang dinilai lebih memiliki keunggulan fungsi dan mengijinkan pergerakan yang lebih bebas. Seragam modern judo (judogi) dikembangkan pada tahun 1907. Teknik-teknik jujutsu, selain teknik dasar seperti melempar dan menahan, menggunakan pukulan, tendangan, bahkan menggunakan senjata pendek. Pada sisi lain, judo menghindari tendangan dan pukulan-pukulan yang berbahaya, dan lebih dipusatkan pada teknik membanting yang terorganisir dan teknik bertahan.

Image result for Kim Akkergoogle.com

Pertandingan judo diselenggarakan di atas karpet atau matras (tatami) berbentuk segi empat (belah ketupat) dengan sisi 14,55 meter atau sepanjang 8 tatami yang dijajarkan. Selain dialasi matras, kebanyakan dojo judo sekarang menggunakan pegas di bawah lantai palsu, untuk menahan benturan akibat bantingan. Di awal pertandingan, kedua judoka berdiri di tengah-tengah tepat di belakang garis sejajar dengan diawasi oleh juri. Sebelum dimulai, kedua judoka tersebut menunduk memberi hormat satu sama lain dari belakang garis. Di sudut atas dan bawah belah ketupat duduk dua orang hakim, dan di belakang masing-masing judoka, di luar arena yang dibatasi matras, duduk judoka-judoka dari regu yang sama, dan duduk pula seorang pencatat waktu dan seorang pencatat nilai.

Image result for judogoogle.com

Pertandingan diselenggarakan di dalam arena di dalam matras yang dibatasi oleh (dan termasuk di dalamnya) garis merah (jonai). Luas arena tersebut adalah 9,1 meter persegi dan terdiri dari 50 tatami. Waza atau teknik judo yang dipakai di arena di luar garis merah (jogai) tersebut dianggap tidak sah dan tidak dihitung. Nah, itulah kabar duka dan sedikit informasi seputar cabang olahraga Judo, kira-kira diantara kalian ada yang minat mencoba olahraga Judo enggak nih?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
11 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama pejudo cantik tersebut?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.