Jago! Tim Karate Indonesia Raih Puluhan Medali di Ajang Internasional
 

Jago! Tim Karate Indonesia Raih Puluhan Medali di Ajang Internasional

Poin Ekstra

Keberuntungan terus berpihak pada Indonesia, lagi-lagi Tanah Air Beta menyabet gelar juara umum di kancah internasional. Kali ini Tim Karate Indonesia berhasil meraih 17 medali emas, 4 medali perak dan 13 medali perunggu dalam Kejuaraan Karate Internasional 'Yura Dupa Khodadad Cup' di Brunei Darussalam, yang berlangsung pada tanggal 27-30 Juni 2019 lalu. Yura Dupa Khodadad Cup sendiri adalah lomba karate garapan Lembaga Pelancongan Brunei, Jabatan Belia dan Sukan (JBS), Persekutuan Karate-do Brunei, dan Shitokai Brunei Darussalam yang digelar setiap dua tahun sekali.

Fyi, kejuaraan Yura Dupa Khodadad diadakan untuk memperingati Presiden Pertama Persekutuan Karate Brunei, dan Presiden bagi Persatuan Karate Shitoryu Brunei Darussalam Almarhum Pengiran Haji Yura Dupa Khodadad. Piala Yura tahun ini terdiri dari 36 kategori lomba karate dan diikuti oleh 13 tim dengan rincian tiga tim Brunei Darussalam, satu tim Filipina, dua tim Indonesia, dan tujuh tim Malaysia.

Image result for indonesia juara umum karate di bruneigoogle.com

Indonesia memang mengirim wakil yang terdiri dari beberapa klub berbeda, mereka adlah wakil dari Sulawesi Utara, klub karate 'Dozo Kaizen', klub karate KKA, Prodibya Pati Jawa Tengah, dan klub karate Hiroshi Karate School. Selain Tim Karate Indonesia, Tim Karate SMA Taruna Nusantara juga berhasil meraih dua medali perak dan satu medali perunggu di cabang Kumite bagi junior male, cadet female dan junior female. Lebih menariknya lagi, salah satu peserta dari Sulawesi Utara, Aditya Timbowo mendapat gelar sebagai "Best of the Best Male Senior Kumite" setelah dirinya mengalahkan wakil laki-laki terbaik di masing-masing tim peserta lomba.

Image result for indonesia juara umum karate di bruneigoogle.com

Hal ini juga menarik perhatian Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko. Beliau menyampaikan selamat dan apresiasi kepada delgeasi atas prestasi yang diraih dalam pertemuan di KBRI Bandar Seri Begawan. Ia berharap pengalaman dalam kompetisi tersebut bisa jadi batu loncatan di ajang bergengsi lainnya seperti SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade. “Saya senang dan bangga kepada para pemenang yang mengharumkan nama Indonesia di Brunei. Saya harap prestasi dan pengalaman di Brunei ini dapat menjadi batu loncatan bagi para atlet kita untuk berkompetisi di ajang bergengsi seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resmi yang dirilis Kemenlu (Kementerian Luar Negeri).

Image result for indonesia juara umum karate di bruneigoogle.com

Bicara soal Karate, kalian penasaran enggak sih, seperti apa sejarah cabang olahraga bela diri tersebut di Indonesia? Jadi Karate di Indonesia ternyata bukan dibawa oleh tentara Jepang, melainkan oleh para mahasiswa Indonesia yang kembali ke Tanah Air setelah menyelesaikan pendidikannya di Jepang. Ya seperti yang kita tau, Karate memang berasal dari negeri Sakura. Di tahun 1963, beberapa Mahasiswa Indonesia, Baud AD Adikusumo, Karianto Djojonegoro, Mochtar Ruskan dan Ottoman Noh mendirikan Dojo di Jakarta. Mereka lah yang memperkenalkan Karate (aliran Shot-kan) di Indonesia. Setelah itu, mereka mendirikan wadah bernama "Persatuan Olahraga Karate Indonesia" atau yang disebut PORKI. PORKI diresmikan pada tanggal 10 Maret 1964 di Jakarta.

Tapi, banyaknya perguruan karate dengan berbagai aliran menyebabkan ketidakcocokan antara para tokoh. Alhasil terjadilah perpecahan di dalam tubuh PORKI, hingga akhirnya mereka kembali bersatu dalam upaya mengembangkan karate di Tanah Air, sehingga pada tahun 1972 hasil kongres ke IV PORKI terbentuklah satu wadah organisasi karate yang diberi nama "Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia" (FORKI). Menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber, kini FORKI telah dipimpin oleh tujuh orang Ketua Umum.

Image result for forkigoogle.com

Tujuan Karate Masuk ke Indonesia sendiri untuk mengasah olahraga seni dan ilmu bela diri, supaya generasi bangsa bisa menepuk kepribadian yang terbuka dan luhur. Selain itu, diharapkan karate bisa membantu usaha dalam memajukan bangsa Indonesia yang kuat, sehat serta berjiwa besar. Sampai sekarang, jenis olahraga bela diri yang satu ini, telah mengakar dalam hidup berbagai masyarakat di dunia. Ia juga menjadi salah satu jenis olahraga beladiri yang banyak dipelajari di berbagai negara di seluruh dunia. Semua orang sebetulnya butuh ilmu untuk membela diri mereka, maka enggak heran kalau banyak seleb yang ternyata juga jago olahraga bela diri meskipun bukan cuma karate. Contohnya seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhian, Randy Pangalila, hingga Cecep Arif Rahman. Jadi, siapa nih diantara kalian yang juga menyukai olahraga bela diri karate?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
04 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah jumlah medali emas yang diraih Indonesia?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.