Developer Game eSports, Tencet Resmi Kerjasama dengan Machester City dan Juss Sports
 

Developer Game eSports, Tencet Resmi Kerjasama dengan Machester City dan Juss Sports

Poin Ekstra

Perkembangan jaman membuat eSport makin diminati di seluruh dunia, bahkan sudah tak terhitung berapa banyak turnamen eSport sampai saat ini. Bicara soal eSport, kabar baru datang dari developer game PUBG dan Arena of Valor (AOV), Tencent. Mereka mengumumkan resmi menjalin kerjasama dengan klub raksasa Premier League, Manchester City dan juga perusahaan asal China, Juss Sports pada 20 Juni lalu di acara Tencent Global eSports Summit.

Hubungan antara ketiganya bakal fokus pada judul eSports seluler teratas Tencent yaitu Honor of Kings. Dimana mereka bakal menghubungkan eSports dan olahraga tradisional, serta menciptakan pertukaran lintas batas budaya Inggris dan China. “Kami ingin menggunakan produk kami untuk membuat orang di luar China merasakan keindahan budaya Tiongkok, serta pengembangan masa depan Honor of Kings,” kata Li Min, dilansir dari laman Gamebrott.

Image result for Tencent Jalin Kerja Sama dengan Manchester Citygoogle.com

Ada dua hal yang disepakati oleh kedua raksasa tersebut, pertama Tencent eSports akan fokus pada game eSports populer, Honor of Kings. Kedua, kerjasama akan menghubungkan eSports dan olahraga tradisional serta membuat hubungan antara budaya Inggris dan Tiongkok. Produser Honor of Kings, Li Min juga mengungkap kerjasama tersebut akan membuat orang di luar Tiongkok mampu merasakan keindahan budaya Tiongkok. Fakta menarik lainnya, stadion yang dimiliki Juss Sports, Oriental Sports Center akan menjadi stadion resmi esports yang dapat digunakan oleh Tencent.

Tencent Global eSports Summit adalah perhelatan yang digelar oleh Tencent untuk promosi dan unjuk pencapaian Tencent. Beberapa perusahaan besar pun hadir disana termasuk Intel, Qualcomm hingga Nvidia. Diantara berita utamanya, Region Hainan menyebut kalau mereka sudah menyiapkan dana sebesar ¥ 1 miliar ($ 145,6 juta USD) untuk pengembangan eSports lokal. TJ Sports membuka tawaran slot waralaba League of Legends Pro League (LPL) tahun 2020, dan bakal bermitra dengan Riot Games demi menjadi tuan rumah bersama Kejuaraan Dunia League of Legends 2020.

Image result for Tencent Jalin Kerja Sama dengan Manchester Citygoogle.com

Team Liquid juga menandatangani perjanjian kemitraan ini bersama dengan perusahaan layanan streaming China Huya. Btw, ini bukan pertama kalinya Juss Sports menandatangani kesepakatan dalam industri olahraga. Karena pada 3 April lalu, Juss Intellisports anak perusahaan Jus Sports mendandatangani perjanjian kemitraan dengan Formula 1 (F1). Dalam kesepakatan ini, seri F1 eSports pertama kali akan diadakan di China pada 2019 ini, dan Juss Intellisports akan menjadi pemilik waralaba ekslusif di negara tersebut.

Buat kalian yang masih bingung sama fakta seputar Tencent, ayo kita kulik sedikit disini. Jadi, Tencent adalah perusahaan teknologi dari Asia yang pertama mencapai nilai valuasinya $500 Miliar. Ia didirkan pada tahun 1998 dengan produk pertamanya bernama QQ yang merupakan layanan pesan instan. Saat ini, Tencent juga mengumumkan pembentukan perserikatan di bidang teknologi yang berkaitan dengan esports. Dipimpin oleh kementerian industri dan teknologi informasi Tiongkok, perserikatan ini bertujuan untuk membentuk standar teknologi khusus esports di negara tersebut, terutama yang menyangkut teknologi internet, hardware, serta broadcasting. Beberapa perusahaan yang bergabung dalam perserikatan ini (selain Tencent Esports sendiri tentunya) antara lain Intel, Qualcomm, Nvidia, China Unicom, Tencent Cloud, Razer, dan Yesee Tech. Salah satu kontribusinya yaitu penyediaan teknologi 5G oleh China Unicom untuk meningkatkan pengalaman bermain dalam judul-judul game Tencent.

Ren Yuxin selaku COO Tencent Group juga mengungkap kalau sekarang adalah waktu terbaik bagi esports Tiongkok untuk berkembang, dalam menghadiri acara Tencent Global Esports Summit. Tiongkok memang ditengarai akan menjadi negara dengan pertumbuhan esports tertinggi kedua di dunia. Adanya beberapa kendala seperti regulasi penerbitan game yang kini semakin ketat tampaknya bukan penghalang bagi kemajuan industri esports di Tiongkok, dan Tencent jelas berperan besar dalam hal itu.

Image result for Tencent Jalin Kerja Sama dengan Manchester Citygoogle.com

Bukan cuma di Tiongkok, semoga industri eSports di dunia bisa sama-sama berkembang lebih pesat lagi. Setuju?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
28 Jun 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah COO dari Tencent Group?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.