Bakal Jadi Tuan Rumah, Indonesia Tunjuk 10 Stadion Kerennya
 

Bakal Jadi Tuan Rumah, Indonesia Tunjuk 10 Stadion Kerennya

Poin Ekstra

Para pecinta bola pastinya enggak bakal rela kelewatan ragam berita seputarnya setiap hari. Banyak pertandingan-pertandingan baru yang bisa kita saksikan di depan mata. Tapi, yang paling menarik dan tak boleh terlewatkan adalah "Piala Dunia FIFA" 2021. Bicara soal Piala Dunia, Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha menyebut kalau Indonesia sudah menyiapkan enam stadion untuk venue Piala Dunia U-20 2021. Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Bandung.

Terpilihnya keenam stadion tersebut karena sebelumnya sudah sempat dipakai untuk perhelatan Asian Games 2018 pada bulan Agustus 2018 lalu. Semuanya pun telah melalui seleksi ketat dan dijamin memiliki standar tinggi. "Posisnya saat ini Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Patriot, Stadion GBLA, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Pakansari yang berada on the top AFF Competition dan FIFA Competition, Jadi enam stadion ini yang akan kita ajukan untuk Piala Dunia U-20 2021," jelas Tisha.

Image result for 10 stadion untuk piala dunia 2021google.com

Belum cukup enam stadion terpilih, karena Tisha menyebut kalau setidaknya harus ada 10 kandidat stadion yang didaftarkan ke FIFA. Kemungkinan besar stadion yang juga bakal masuk ke dalamnya adalah Stadion Manahan di Solo dan Stadion Mandala Krida di Yogyakarta. Kalau kerjasama tersebut berhasil, itu artinya akan ada beberapa stadion di Australia yang bertindak sebagai tuan rumah. Usut punya usut, sebetulnya masih ada Stadion Batakan di Balikpapan dan Stadion Papua Bangkit di Jayapura yang bisa jadi opsi, tapi da stadion tersebut tidak dimasukkan ke dalam list karena jaraknya terlalu jauh dari Jakarta.

"Lokasi juga menentukan. Jadi kami akan daftarkan semua stadion internasional di Indonesia, tapi nanti FIFA yang akan melihat dari sektor akses dan lainnya," ucap Ratu Tisha. "Jadi, total kami daftarkan delapan stadion. Saat ini kami sedang scaning 10 stadion, satunya memang Stadion Papua Bangkit," tuturnya.

Image result for Stadion Manahangoogle.com

Apapun stadion yang terpilih sebagai lokasi pertandingan FIFA 2021, kita tetap harus mendukung dan menghargai keputusan pemerintah.

Image result for Stadion Manahangoogle.com

Bicara soal Piala Dunia FIFA, Piala Dunia adalah salah satu kompetisi olahraga yang paling populer, paling banyak ditunggu dan paling banyak diperbincangkan oleh masyarakat dunia.Ternyata kejuaraan ini sudah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 yang diselenggarakan karena Perang Dunia II. Sedikit membahas sejarah tentang Piala Dunia, pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia dimainkan di Glasgow pada tahun 1872 antara Skotlandia dengan Inggris. Setelah tumbuh dan populer di belahan dunia lainnya pada pergantian abad ke-20, sepak bola mulai dipertandingkan sebagai olahraga demonstrasi tanpa medali dalam Olimpiade Musim Panas 1900 dan 1904.

Image result for sejarah piala dunia fifagoogle.com

Setelah FIFA didirikan pada tahun 1904, badan ini berupaya untuk menyelenggarakan turnamen sepak bola internasional antarnegara yang berada di luar program Olimpiade; turnamen ini digelar di Swiss pada tahun 1906. Kompetisi ini masih sangat awal bagi perkembangan sepak bola internasional, dan sejarah resmi FIFA menjelaskan bahwa kompetisi ini adalah sebuah kegagalan. Pada tahun 1914, FIFA setuju untuk mengakui turnamen Olimpiade sebagai "kejuaraan sepak bola dunia bagi tim amatir", dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan pertandingan tersebut.

Image result for sejarah piala dunia fifagoogle.com

Hal ini membuka jalan bagi penyelenggaraan kompetisi sepak bola antarbenua pertama di dunia, yakni dalam Olimpiade Musim Panas 1920, yang diikuti oleh Mesir dan tiga belas tim Eropa, dan dimenangkan oleh Belgia. Uruguay memenangkan dua turnamen Olimpiade berikutnya pada tahun 1924 dan 1928. Dua ajang terakhir juga menjadi kejuaraan dunia terbuka pertama, dan oleh sebab itu 1924 adalah awal dimulainya era profesional FIFA.

So, para pecinta bola mungkin kurang lebih sudah mengerti yah? Kalo gitu tinggal ditunggu apakah negara kita akan menjadi tuan rumah atau tidak.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
27 Jun 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan salah salah stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.