KPAI Diserang Netizen Karena Jadi Biang Keladi Penghentian Audisi PB Djarum
 

KPAI Diserang Netizen Karena Jadi Biang Keladi Penghentian Audisi PB Djarum

Poin Ekstra

Dunia bulu tangkis Indonesia sedang dilanda dilema besar bagaimana tidak, program audisi PB Djarum yang merupakan ajang pencarian pebulutangkis belia berbakat dikabarkan akan diberhentikan. Hal tersebut tidak lepas dari protes yang diajukan oleh Komisi Peindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Yayasan Lentera Anak.

Mereka menganggap program tersebut merupakan bagian dari eksploitasi anak, karena sang anak wajib menggunakan seragam dengan logo Djarum Badminton Club yang identik dengan merek rokok. Padahal program yang sudah berlangsung sejak 2006 murni hanya ingin mencari bakat semata, sehingga banyak netizen yang menyanyangkan tidakan dari KPAI ini dan lewat twitter mereka menggaungkan #PBDjarumJanganPamit.

Netizen berfikir jika program ini benar-benar diberhentikan maka jutaan mimpi anak muda untuk menjadi atlit lewat jalur ini akan hilang, tanggapan yang sama juga dikeluarkan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, lewat Instagram pribadinya dia memberikan dukungan kepada Djarum Foundation untuk terus melakukan program beasiswa setiap tahunnya karena tidak ada unsur eksploitasi.

Bahkan Imam menilai bahwa program Djarum Foundation berhasil melahirkan juara -juara dunia yang mampu mengharumkan nama Indonesia, untuk itu dia meminta
agar program ini tersebut berjalan.

Yoppy Rosimin, selaku direktur Program Djarum Foundation, mengatakan jika audisi bulu tangkis tahun 2019 menjadi yang terakhir kalinya digelar. Menurut Yoppy, dihentikannya audisi badminton Djarum karena atas permintaan pihak terkait. Dia mengatakan bahwa selain mencari bibit atlet potensial, juga sebagai bagian memasyarakatkan bulutangkis secara nasional.

Karena audisi program ini dilakukan dari kota ke kota sampai ke dalam daerah sekalipun, percuma kalau mereka memiliki bakal tapi tidak mampu membiayai diri untuk berlatih ke klub besar, untuk itulah wadah ini hadir.

Image result for pb djarumgoogle.com

Salah satu pebulutangkis Indonesia Mohammad Ahsan, yang lahir dari program  PB Djarum pada 2007 mengatakan bahwa pemberhentian itu sangat disayangkan.

"Sangat disayangkan soalnya Djarum satu-satunya klub yang mengadakan audisi di semua daerah, jadi bisa memantau bibit-bibit di daerah. Kalau tidak ada audisi lagi, ya siapa yang bisa melihat bibit-bibit di daerah seperti itu," kata Ahsan dilansir dari Tempo.

Menurut Ahsan, program yang dilakukan PB Djarum banyak membantu orang-orang daerah yang berminat untuk berminat menjadi atlet bulu tangkis, mereka bisa datang memamerkan kemampuannya. Sehingga bakat-bakat yang sebelumnya tidak pernah ada dengan mudah bisa ditemukan.

Banyak yang berharap bahwa PB Djarum dan KPAI bisa menemukan solusi atas permasalahan ini dan bisa terus melakukan audisi penjaring pebulutangkis di masa depan.

Image result for pb djarumgoogle.com

Sebelumnya, PP PBSI juga menyayangkan pemberhentian itu karena dapat menyebabkan regenerasi atlet bulutangkis terputus.

“Sangat disayangkan karena kita tahu bahwa audisi ini adalah salah satu metode rekrutmen dari pemain bulutangkis yang nantinya memang akan menjadi generasi penerus yang ada sekarang ini," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiarto.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
09 Sep 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama direktur Program Djarum Foundation?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.