Air Badminton Bakal Jadi Olahraga Populer di Indonesia
 

Air Badminton Bakal Jadi Olahraga Populer di Indonesia

Poin Ekstra

Badminton menjadi olah raga yang paling digemari masyarakat Indonesia sesudah sepakbola, untuk itu cabor ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) coba membuat terobosan baru dengan mengembangkan cabang olahraga bernama Air Badminton.

Air Badminton memang sedang dikembangkan selama 5 tahun belakangan oleh BWF dan permainan sub-cabang olahraga bulu tangkis ini nantinya tidak akan dimainkan di dalam ruangan alias indoor, melainkan outdoor atau diluar ruangan. Karena selama ini permainan bulu tangkis selalu terbatas akan ruangan yang digunakan yakni di dalam ruangan. Nah, di Air Badminton pemain tidak perlu repot mencari maupun menyewa lapangan khusus karena olahraga ini bisa dimainkan di lapangan terbuka baik yang dengan tipe lapangan yang berpasir, berumput dan dengan dasar yang keras.

Inovasi yang dilakukan oleh BWF dalam Air Badminton tidak hanya dalam segi fasilitas saja, akan tetapi kok yang biasa digunakan juga mengalami inovasi yang baru. Jika sebelumnya kok yang digunakan pada permainan bulu tangkis menggunakan bulu sebagai objek permainan, kali ini di dalam Air Badminton menggunakan kok khusus untuk digunakan yang telah dilakukan inovasi yakni AirShuttle.

Hasil gambar untuk air badminton shuttlecockbwfnews

BWF meyakini, AirShuttle di desain lebih sederhana serta tidak menggunakan bulu apapun didalamnya, sehingga tampilannya sangat berbeda dengan kok sebelumnya. AirShuttle didesain secara konvesional dan menyesuaikan tekanan angin, kekuatan dan kestabilan yang lebih baik, mengingat Air Badminton dilakukan di ruangan yang terbuka, sehingga kok yang dihasilkan bisa tahan lama dan bisa menghemat lebih banyak biaya.

BWF pertama kali memperkenalkan Air Badminton ini  pada acara "Global Launch Ceremony" di Tianhe Gymnasium, Guangzhou-China. Oleh Presiden BWF dan juga Peraih medali emas tunggal putra Olimpiade 1996 Poul-Erik Hoyer, bersama  Peraih medali perak tunggal putra Atlanta 1996 yang sekarang menjadi pelatih kepala bulutangkis Para Cina Dong Jiong, Peraih medali emas ganda putri Olimpiade Athena 2004 Yang Wei, Juara dunia tunggal putri 2009 Lu Lan, dan juara dunia tunggal putra 2010 Chen Jin.

Hasil gambar untuk air badminton shuttlecockbwfnews

Menurut sang presiden BWF yang dilansir dari laman resminya mengatakan “Ini adalah momen yang sangat penting bagi dunia bulutangkis. Secara strategis, AirBadminton ini akan memungkinkan kita untuk memenuhi tujuan keseluruhan yaitu meletakkan raket bulutangkis di tangan orang-orang sebanyak mungkin”.

“Di masa depan, kami melihat Air Badminton sebagai versi olahraga yang menarik, baru, dan energetik. Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk bermain lebih banyak bulu tangkis di lebih banyak tempat" lanjut kata sang presiden.

Triples adalah format baru untuk AirBadminton. Yang berarti cabor ini dimainkan oleh tiga orang, masing-masing berisi dua pemain pria dan satu pemain wanita. Pemain tidak diperbolehkan memukul dua pengembalian berturut-turut. Pemain harus mengizinkan anggota tim lainnya untuk mengambil pengembalian berikutnya. Aturan ini menciptakan lebih banyak gerakan dan meningkatkan elemen strategis permainan.

Di Indonesia sendiri Air Badminton mulai diperkenalkan bersamaan dengan Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Senayan, dari tanggal 16 - 19 Juli 2019.

Panitia membuat sebuah area khusus untuk memperkenalkan olah raga ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber permain Air Badminton berbeda dengan bulutangkis karena kok yang digunakan lebih berat dan silau jika kita terkena pancaran sinar matahari. Namun, Air Badminton lebih asik jika dimainkan pada sore hari.

Jadi, menurut kamu bagaimana ? Sudah siapkah Air Badminton menjadi olah raga yang populer di Indonesia? Berikan komentar kamu pada kolom di bawah.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
18 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Apakah nama kok yang digunakan dalam permainan Air Badminton?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.