Uniknya Asal Muasal 'Kerupuk' Camilan Pelengkap Populer
 

Uniknya Asal Muasal 'Kerupuk' Camilan Pelengkap Populer

Andin
07 Feb 2019
Poin Ekstra

Kerupuk adalah makanan ringan yang sangat disukai banyak orang, bahkan dianggap sebagai pelengkap utama pada makanan. Tapi, apakah kalian tau gimana asal muasal kerupuk?

Ternyata, asal muasalnya cukup unik lho, menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman kerupuk sudah ada di Pulau Jawa sejak abad ke-9 atau 10. Hal tersebut tertulis dalam prasasti Batu Pura, di situ juga tertulis kerupuk rambak (kerupuk dari kulit sapi atau kerbau). Sampai sekarang, jenis kerupuk itu masih ada alias yang biasa disebut kerupuk kulit (krecek). 

Pada perkembangannya, kerupuk juga menyebar ke berbagai wilayah pesisir Kalimantan, Sumatra, hingga Semenanjung Melayu. Masyarakat Melayu di sana menjadikan kekayaan laut macam ikan hingga udang, menjadi kerupuk. 

Image result for kerupukgoogle.com

“Itu tercatat dalam naskah Melayu karya Abdul Kadir Munsyi saat menyebut Kuantan (Malaysia), sekitar abad 19, dia juga membahas keropok (kerupuk). Kerupuk mulai disukai di mancanegara sedari masa kolonialisme Hindia Belanda dan dianggap jadi pelengkap yang harus ada dalam berbagai kuliner Nusantara yang mereka santap,” kata Fadly seperti dilansir dari Historia.

Uniknya, ketika Indonesia bakal membeli sebelas unit pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia senilai Rp15 Triliun, pembelian itu dilakukan dengan cara barter berbagai komoditas salah satunya kerupuk. Menarik bukan? 

Poin Ekstra

Poin Ekstra

Dapatkan lebih banyak POIN dengan menjawab QUIZ

1
Daftarkan dan Aktifkan Keanggotaan Premium
2
Jawaban Benar Mendapat 20 POIN
3
Kumpulkan POIN Tukar dengan Barang


Siapakah nama sejarawan kuliner dalam artikel diatas?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins

POIN Ekstra: +20
Poin Ekstra

Dapatkan Gratis: 1 POIN untuk komentar pertama kamu!

1
Pastikan kamu sudah Login
2
Komentar di Facebook dan DISQUS masing-masing dapat : 1 POIN
3
Pastikan komentar kamu lebih dari 50 karakter




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.