Sopo Guru Tatea Bulan, Wisata Sejarah Tersembunyi Di Pulau Samosir
 

Sopo Guru Tatea Bulan, Wisata Sejarah Tersembunyi Di Pulau Samosir

Poin Ekstra

Nama pulau Samosir sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia tentu sudah tak asing. Dulu Pulau Samosir merupakan bagian dari kabupaten Toba Samosir. Namun, beberapa tahun lalu memisahkan diri dan secara administrasi menjadi sebuah kabupaten dengan nama Samosir. Letaknya pun tepat berada di tengah Danau Toba yang keindahannya sudah terkenal hingga mancanegara.

Image result for samosirgoogle.com

Selain keindahan Danau Toba, Samosir juga terkenal dengan banyaknya wisata sejarah. Beberapa yang cukup terkenal adalah adalah Makam Raja Sidabutar serta Huta Siallagan. Kedua lokasi ini cukup ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau. Setelah menyeberang dan turun melalui dermaga Pasar Tomok, wisawatan hanya cukup berjalan kaki lima menit untuk bisa sampai di Makam Raja Sidabutar. Sedangkan untuk bisa tiba di Huta Siallagan, wisatawan bisa menyewa motor dengan jarak tempuh sekitar 15-20 menit. Kedua lokasi ini tak pernah lengang dari kunjungan wisatawan. Terlebih saat musim libur panjang tiba.

Image result for samosirgoogle.com

Nah, selain kedua tempat tersebut, Samosir sebenarnya masih memiliki banyak sekali tempat wisata sejarah. Salah satu yang cukup mempesona namun jarang tersentuh wisatawan adalah Sopo Guru Tatea Bulan. Sopo Guru Tatea Bulan atau Rumah Guru Tatea Bulan merupakan sebuah tempat yang dibangun untuk mengenang keturunan pertama Raja Batak. Menurut cerita, Rata Batak memiliki dua orang anak, yakni Guru Tatea Bulan dan Raja Isombaon. Kemudian Guru Tatea Bulan memiliki lima anak perempuan dan lima anak laki-laki bernama Raja Uti, Sariburaja, Limbong Maulana, Sagala Raja, Silau Raja. Dari anak laki-laki tersebutlah muncul marga dalam adat Batak yang menyebar dan kita kenal saat ini, kecuali Raja Uti yang tak memiliki keturan.

Sopo Guru Tatea Bulan dibangun pada tahun 1995 oleh Dewan Pengurus Pungunan Pomparan Guru Tatea Bulan. Di dalamnya terdapat patung keturunan Raja Batak beserta kendaraan Rata batak yang pernah digunakannya. Dari tempat wisata ini wisatawan bisa belajar lebih dalam mengenai sejarah Raja Batak.

Image result for samosirgoogle.com

Lokasi Sopo Guru Tatea Bulan sendiri berada di Bukit Sullati atau tepat di bawah Pusuk Buhit, Sianjur Mula-mula. Lokasinya yang berada diketinggian membuat pengunjung bisa melihat sisi lain Samosir yang sangat cantik. Sayangnya, lokasi Sopo Guru Tatea Bulan cukup jauh dan tak bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Pilihan terakhir, wisatawan bisa menyewa kendaraan dari Pangururan dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 kilometer. Meski jauh, dijamin anda tak akan dibuat kecewa karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat cantik.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
28 Sep 2019

20 Poin Ekstra
Sopo Guru Tatea Bulan merupakan sebuah tempat yang dibangun untuk keturunan pertama Raja Batak. Nah, berapakah anak dari Raja Batak?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.