Pesona Air Terjun Toroan di Tepi Pantai Pulau Nepa
 

Pesona Air Terjun Toroan di Tepi Pantai Pulau Nepa

Poin Ekstra

Madura yang terletak di Jawa Timur memang sangat dikenal akan kuliner satenya. Tapi, tempat tersebut juga memiliki destinasi wisata yang terbilang unik dan menarik lho. Salah satu yang bikin penasaran adalah Air Terjun Toroan. Tempat itu disebut-sebut memiliki spot unik diantara air terjun lainnya di Indonesia, yaitu karena lokasinya berada di tepi Pantai Nepa sebelah utara Pulau Nepa. Air terjun Toroan berlokasi tepat di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Ketinggiannya sekitar 20 meter dan aliran airnya langsung mengalir ke lautan lepas perairan laut Jawa. Bahkan, dinding tebing dari air terjun ini berwarna kuning keemasan lho. Apalagi ketika air laut lagi pasang, air terjun Toroan semakin terlihat indah. Tapi ada yang harus kamu inget, ketika berenang di air terjun Toroan pastikan jangan berenang ke arah pantai. Soalnya, disana ada palung yang sangat dalam dan pernah mencelakakan beberapa korban akibat melanggar peraturan.

Image result for air terjun toroan ke lepas pantai jawa timur

FYI, untuk menuju ke lokasi Air Terjun Toroan ini relatif mudah, ada banyak kenadaraan umum yang menuju ke arah Desa Ketapang. Soal biaya tiket masuk memang gratis, tapi kamu wajib membayar parkir kendaraan Rp5 ribu rupiah untuk roda dua dan Rp10 ribu rupiah untuk roda empat. Pesona lainnya yang dimiliki oleh Air Terjun Toroan ini adalah berbagai batuan yang unik dan pasir yang berada di sepanjang bibir pantai, alamnya begitu menakjubkan.

Pepohonannya juga menambah keasrian lokasi ini. Benar-benar membuat orang betah. Bisa selfie ataupun sekedar mengagumi keindahan Air Terjun Toroan ini. Air Terjun Toroan juga merupakan lokasi yang sangat sempurna untuk menikmati sunset. Gemuruh air terjun, suara ombak, dipadu dengan sunset dengan awan warna kemerah-merahan yang membuat suasana sangat romantis. Karena hal inilah, banyak para pengunjung yang betah lama-lama menyaksikkan keindahan alam tersebut. Karena lokasinya yang begitu cantik, tak jarang juga dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan dan pre-wedding.

Air terjun ini unik karena aliran airnya langsung menuju perairan Laut Jawa, sama seperti Air Terjun Mursala di Sumatera Utara. Menarik, karena terletak di tepi Pantai Nepa yang berada di sebelah utara Pulau Nepa dan merupakan air terjun satu-satunya di Pulau Madura. Ketika air laut sedang surut, air terjun ini tetap mengalir dan terlihat menghantam tanah dengan kedalaman sekitar dua meter. Anda harus hati-hati jika ingin mendekati air terjun untuk mengambil foto. Ada beberapa batu karang yang aman, bisa dijadikan pijakan untuk berfoto atau sekadar melihat air terjun dari dekat.

Air Terjun Toroan dikeramatkan oleh warga sekitar. Berdasarkan legenda yang ada, pasangan suami istri yang tinggal di Dusun Langgher Daya bernama Siti Fatimah dan Sayyid Abdurrahman, atau lebih dikenal sebagai Birenggono sering kali bertengkar.

Related image

Awalnya, pasangan ini hidup bahagia dan rukun, sampai suatu hari sang suami curiga istrinya selingkuh. Begitu pula sebaliknya. Pasangan ini pun bersumpah di hadapan banyak orang. Sang istri bersumpah jika dia terbukti tidak bersalah, maka kuburannya tidak akan hanyut dibawa air sungai dan banjir. Lalu, sang suami, Birenggono bersumpah ketika ia meninggal, jika tidak bersalah maka kuburannya akan mudah digali walau hanya menggunakan sebatang ranting.

Suatu saat pasangan tersebut meninggal bersamaan dan dimakamkan oleh penduduk sesuai wasiat semasa hidup. Ternyata aliran sungai terbelah ketika melewati makam Siti Fatimah dan menjadi dua aliran menuju air laut. Kemudian air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Toroan yang berasal dari kata Toron (Toron dalam bahasa Madura berarti turun). Makam Siti Fatimah kemudian oleh masyarakat dinamakan Asta Buju Penyppen.

Image result for air terjun toroan

Di sini tidak disarankan berenang karena terdapat palung yang sangat dalam. Selain itu, tidak terdapat tempat bagi pengunjung untuk mengganti baju atau membilas tubuh. Tempat ini juga dipenuhi batu karang. Jika ingin merasakan kesegaran air terjun ini, Anda dapat mandi di kolam alami yang berada di bawahnya dan akan lebih aman jika menikmati keindahan Air Terjun Toroan dari tempat yang disediakan.

Itulah pesona yang disuguhkan oleh Air Terjun Toroan yang mungkin akan bisa menjadi salah satu tempat yang dikunjungi saat melakukan trip ke Madura. Biar nggak pantai saja ya foto-foto yang kamu bawa pulang. Yuk, agendakan untutk segera main ke Air Terjun Toroan.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
17 Jun 2019

10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.