Pemprov Jawa Barat Bakal Hadirkan 262 Festival di Tahun ini
 

Pemprov Jawa Barat Bakal Hadirkan 262 Festival di Tahun ini

Poin Ekstra

Setiap provinsi di Indonesia sudah pasti memiliki destinasi wisata andalan yang mampu mempesona traveler. Seperti Jawa Barat, provinsi tersebut pun memiliki sejumlah destinasi wisata populer yang terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, untuk mengejar target wisatawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sampai mengadakan ratusan festivan tahun ini.

Image result for festival jawa baratgoogle.com

Pemprov bakal menggelar ratusan festival di berbagai daerah di Jawa Barat, untuk mengejar target 1,8 kunjungan wisatawan nusantara dan 48 juta wisatawan mancanegara. Sebanyak 262 festival tersebut masuk dalam West Java Calender of Event yang baru saja diluncurkan di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Bandung pada hari Selasa, 25 Juni 2019. "Sebanyak 262 (agenda festival) itu setiap dua hari minimal ada satu atau dua festival, menandakan produktivitas karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga, orang ingin menampilkan sisi budaya, sisi kreativitasnya," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai kegiatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik menjelaskan ratusan festival yang bakal digelar tersebut sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jabar. Dari 262 festival yang ada, 35 diantaranya bakal digelar di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok serta 14 festival lainnya digelar di Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi. "Lalu 66 event lainnya digelar di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu dan sisanya 147 event digelar di Bandung Raya dan Priangan Timur," jelas Dedi.

Seharusnya ada ribuan festival yang bakal digelar hingga akhir tahun. Tapi setelah melalui tahap kurasi, dipilih ratusan festival saja berdasarkan skala profesional, pelibat masyarakat dan dampak ekonomi yang optimal. Emil menginginkan sektor pariwisata nantinya menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Sehingga mendorong perkembangan pariwisata ini juga berdampak terhadap perekonomian warga sekitar. "Makanya kita ingin menerakan ekonomi Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya kita ingin mensejahterakan dulu warga sekitar, baru nanti melibatkan investor untuk pengembangan wisata selanjutnya," tutur Emil.

Image result for festival jawa baratgoogle.com

Provinsi yang satu ini memang gigih dalam mengembangkan bidang pariwisata. Beberapa waktu lalu, Jabar sempat mengumumkan bakal mengirimkan wakil-wakil seni dan budaya terbaik mereka untuk tampil dalam Festival Wonderful Indonesia 2019, yang bakal diadakan di Kungstradsgarden, Stockholm, Swedia pada 6-27 Juli mendatang. "Kami akan menampilkan yang terbaik, sehingga masyarakat Swedia juga bisa terpesona dengan seni dan budaya Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Stcokholm yang diterima di Jakarta. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro di Bandung, Jawa Barat.

Image result for festival jawa baratgoogle.com

Dubes Bagas juga bertemu dengan Saung Angklung Udjo untuk meminta partisipasi mereka pada Festival Wonderful Indonesia 2019. Angklung adalah alat musik yang dibuat dengan cara menyatukan pipa-pipa bambu dalam sebuah kerangka bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan. Saung Angklung Udjo terkenal dengan penampilan permainan angklung yang non-konvensional, bahkan menggabungkan dengan penampilan alat musik modern seperti drum dan gitar listrik. Bapak Taufik Maulana, salah satu anggota penampil di Saung Angklung Udjo menyampaikan kebanggaannya bahwa angklung telah dikenal oleh berbagai negara di dunia dan mereka siap untuk menyebarkan keunikan langsung lebih jauh lagi.

Festival Wonderful Indonesia di Kungstradsgarden, Stockholm, telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Pada tahun 2018, festival tersebut menyedot perhatian lebih dari 25.000 pengunjung dari Swedia dan turis-turis internasional. Tahun lalu festival tersebut menampilkan Saung Angklung Udjo, demonstrasi memasak oleh William Wongso, pameran foto tempat-tempat wisata di Indonesia dan penampilan kesenian tradisional lainnya.

Nah, buat kalian yang suka traveling, jangan lewatkan satu demi satu festival tersebut. Okeh?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Melynda NA
26 Jun 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.