Berkunjung ke Pulau Balak Serasa Liburan di Pulau Pribadi
 

Berkunjung ke Pulau Balak Serasa Liburan di Pulau Pribadi

Poin Ekstra

Provinsi paling Selatan Pulau Sumatera alias Lampung menyimpan sejuta keindahan yang bikin traveler ketagihan. Ia memiliki sejumlah destinasi menarik yang wajib dikunjungi di berbagai momen. Salah satu kekayaan alam Lampung yang bisa traveler nikmati adalah Pulau Balak. Pulau tersebut berada di kawasan Teluk Pidada, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Related imagegoogle.com

Pulau tersebut memiliki luas sekitar 200 hektare dan merupakan bagian dari 3 pulau kecil di Teluk Pidada. Dua pulau diantaranya adalah Pulau Lunik dan Pulau Lok atau Pulau  Helok, penamaan Pulau Balak berasal dari bahasa Lampung yakni Balak yang artinya besar. Dalam area seluas 200 hektare ini terlihat perpaduan antara bebatuan padas di sisi timur, dan selatan serta hamparan pasir putih di sisi barat juga utara.

Image result for pulau balakgoogle.com

Pulau Balak memiliki pesona pasir putih yang lembut terhampar indah luar biasa. Pantai ini cukup landai dan luas, kalau traveler menyusuri sisi Timur juga Selatan pulau Balak, terlihat tebing bebatuan menyerupai dinding setinggi belasan meter. Pesisir Pulau Balak pun banyak ditumbuhi tanaman pantai, misalnya seperti ketapang, putat laut, waru laut hingga rumput laut. Ditambah dengan dominasi lain kayak kelapa, kakao, duku dan sejumlah tanaman cantik.

Image result for pulau balakgoogle.com

Nah, terumbu karang di Pulau tersebut ternyata memiliki kelebihan lho, yaitu keberadaannya yang indah tidak begitu dalam. Bahkan, ketika air suruh terumbu karang kadan bisa terlihat sangat jelas dari permukaan laut. Aneka ikan hias juga bisa kalian jumpai, apalagi komposisi terumbu karangnya rapat memiliki jenis Oxypora, Lacera, Pectinia Lactuca dan Montipora. Untuk fasilitasnya sendiri cukup memadai, tersedia penginapan berupa cottage dan lain sebagainya.

Image result for pulau balakgoogle.com

Traveler bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkling, berenang, bermain pasir atau sekedar bersantai sambil berjemur di atas pasirnya yang putih dan lembut. Pengunjung juga bisa merasakan sensasi tidur di alam terbuka lho, yaitu dengan mendirikan tenda di tepian pantai, apalagi pulau ini dikenal sangat sepi dan damai sehingga sensasinya akan lebih terasa nyaman.

Image result for pulau balakgoogle.com

Saking sepinya, para traveler yang sudah pernah berkunjung sampai mengungkap 'Serasa punya pulau sendiri'. Waktu tempuh yang cukup panjang untuk mencapai ke pulau Balak, membuat pulau tersebut jarang dikunjungi banyak orang. Kalau dari pulau Pahawang Besar, jaraknya sekitar 1 sampai 1,5 jam. Dari Dermaga Ketapang sendiri, kamu bakal ketemu sama para penyedia jasa penyebrangan ke berbagai pulau indah di Teluk Lampung seperti Balak. Kamu bisa menggunakan kendaraan air seperti Speed Boat jika ingin lebih cepat sampai ke lokasi dengan tarif sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000 dengan kapasistas 5 sampai 6 orang penumpang.

Image result for pulau balakgoogle.com

Btw, ketika berkunjung ke Pulau Balak, jangan lupa berfoto di spot Gusung Pasir. Gusung Pasir merupakan istilah untuk pasir timbul karena surutnya air, tapi sayang karena pemandangan ini tidak selalu datang alias untung-untungan. Tapi inget, jangan lupa untuk membawa stok makanan ke Pulau Balak, karena disana jarang ada warung yang menjual makanan.

Buat kalian yang berminat, disarankan datang ke Pulau Balak di sore hari untuk tidak melewatkan pesona sunset di ufuk barat yang sangat mempesona. Setibanya di Pulau Balak, kalian bakal disambut dengan sebuah dergama dan juga gapura Selamat Datang di Pulau Balak. Jadi, obyek Wisata Pulau Balak di Lampung cocok banget untuk mengisi kegiatan liburan kalian. Apalagi disaat liburan panjang seperti libur nasional, atau hari ibur lainnya.  Keindahan  Obyek Wisata Pulau Balak di Lampung ini sangatlah baik bagi kalian semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Pulau Balak di Lampung di kota lampung.

Image result for pulau balakgoogle.com

Saran dan tipsnya, sebelum menuju ke objek wisata Pulau Balak, jangan lupa untuk persiapkan keperluan yang dibutuhkan. Beberapa barang tambahan seperti kamera pasti dibutuhkan untuk mengabadikan momen bersama keluarga ataupun teman. Jangan lupa juga membawa perlengkapan kesehatan atau kebutuhan pokok seperti sabun, tissue basah, sampo hingga antiseptik. Siapkanlah fisik dan kendaraan kalian, supaya liburan berjalan dengan lancar. Okeh?

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
25 Jun 2019

10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.