Yuk Ikut Meriahkan 'Jakarnaval 2019' Spesial HUT DKI Jakarta!
 

Yuk Ikut Meriahkan 'Jakarnaval 2019' Spesial HUT DKI Jakarta!

Poin Ekstra

Kepengen lihat ragam budaya Betawi yang indah? Wisatawan bisa mengenal dan menyaksikan langsung budaya Betawi di acara Jakarnaval 2019. Bahkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengakatan Jakarnaval menjadi salah satu karnaval terbaik yang wajib dikunjungi lho.

Jakarta Karnaval alias Jakarnaval 2019 bakal kembali digelar dalam rangka memeriahkan HUT DKI ke-492. Kali ini rutenya akan dimulai dari Balai Kota, ke M.H. Thamrin, Bundaran HI dan berakhir di Monas (Monumen Nasional). Ribuan peserta bakal memeriahkan pawai Jakarnaval yang bakal dihelat pada 30 Juni 2019 mendatang tersebut.

Image result for jakarnavalgoogle.com

Dalam Jakarnaval, semua ikon Jakarta bakal ditampilkan mulai dari ondel-ondel, kostum Nusantara, hingga kendaraan hias. Tersedia juga aneka kuliner khas Betawi yang bertempat di Balai Kota dan Monas. Sedangkan penampilan lain yang bakal tampil adalah Reog Ponorogo, Tari, Parade Budaya Asing, Pencak Silat, Badut Akrobat, Komunitas Sepeda Onthel, Pasukan Berkuda dan masih banyak lagi.

Pesta karnaval terbesar di Jakarta ini akan melibatkan para pelajar, pekerja seni hingga komunitas. Ribuan peserta bakal memeriahkannya, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Hari Wibobo mengatakan kalau peserta karnaval akan diikuti oleh lima wilayah satu kabupaten dan komunitas dari motor besar, juga mobil antik serta perwakilan seniman.

Image result for jakarnavalgoogle.com

Acaranya bakal berlangsung dari pukul 15.00 WIB hingga selesai, iringan marching band, tarian kolosal dan seniman jumping steel akan membukanya. Sebanyak 30 kendaraan rias mendaftar, kriterianya antara lain mobil paling unik, desain paling menarik dan konten kendaraan paling meriah. Hari juga mengunkap kalau sumber dana terbagi dari APBD DKI sebesar hampir Rp3 Miliar, dan sisanya bantuan dari Kementerian Pariwisata.

"Jadi total anggaran untuk Jakarnaval Rp 4 miliar," katanya usai mengikuti rangkaian kegiatan Pesona Jakarnaval di car free day Jalan MH Thamrin, Minggu, 23 Juni 2019.

Image result for jakarnavalgoogle.com

Selain untuk seseruan dan HUT DKI Jakarta, Jakarnaval diadakan demi memperkenalkan wajah baru Jakarta sesuai tema yang diangkat. Jakarnaval juga telah masuk ke dalam 100 Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung mengatakan Jakarnaval bukanlah sekadar karnaval semata. Tapi juga sebagai etalase keberagaman budaya nusantara. Pasalnya, keberagaman budaya nusantara menjadi kekuatan tersendiri yang dimiliki oleh Jakarta.

Tahun 2018 lalu, Jakarnaval mengangkat tema "The Spirit of Jakarta", yang mana maknanya adalah cerminan dari kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah bagi kedua perhelatan olahraga se-Asia, Asian Games dan Asian Para Games. Berbeda tipis dengan tahun ini, Jakarnaval tahun lalu diramaikan oleh sebanyak 4.000 peserta pawai meliputi seni dan budaya serta parade 70 kendaraan hias dari berbagai komunitas dan instasi lintas sektoral. Atraksi utamanya yaitu pasukan pembawa bendera 45 negara peserta Asian Games didampingi oleh Abang-None Jakarta.

Rute yang dipilih bermula dari depan Balaikota, mengitari Patung Arjuna Wiwaha, melewati kantor BRI, kemudian mengakhiri pawai di Harmoni. Pawai tahun lalu dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, dan dilanjutkan dengan acara panggung hiburan di Monas. Beberapa musisi ternama turut meramaikannya seperti The Dance Company, Rizky Febian, Siti Badriah, Dipha Barus, Budi Doremi, NAFF dan lainnya.

Tahun lalu, pembukaan Jakarnaval 2018 dihadiri oleh Duta Besar Negara Peserta Asian Games dan Para Games, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, para walikota hingga Bupati Kota/Kabupaten Administratif Provinsi DKI Jakarta, Ketua INASGOC, Ketua INAPGOC dan berbagai tokoh masyarakat lainnya.

FYI, selain Jakarnaval, dalam rangka merayakan HUT DKI ke-492, Pemerintah Provinsi juga menggelar sejumlah acara lainnya hingga bulan Juli 2019 mendatang. Seperti Jakarta Beat Society, yang mana akan dimeriahkan oleh musik asli Betawi, musik modern Reggae, musik Sufi Moderen, dan Indie kreatif. Lalu ada juga Seribu Island Indie Festival, Malam Puncak HUT, Pameran Kuliner Betawi Tempo Doeloe, JIPFest, hingga Jakarta Creative Night.

Jakarnaval ini jadi salah satu yang paling ditunggu masyarakat Indonesia. Harapannya, Jakarnaval bisa menjadi sajian berkelas dan bisa membuat pariwisata Ibu Kita semakin bersinar. Jangan lupa saksikan yah...

 

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
24 Jun 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.