Menikmati Sunset dan Sunrise Cantik di Pantai Pangandaran
 

Menikmati Sunset dan Sunrise Cantik di Pantai Pangandaran

Poin Ekstra

Pantai Pangandaran menjadi salah satu tujuan wisata paling laris di Jawa Barat. Pantai pasir putih tersebut memang memiliki keindahan alam yang luar biasa indahnya, dengan hamparan pasir putih, pepohonan asri dan lautan nan cantik ditambah hiasan perahu-perahu nelayan di tepian pantai. Udara semakin sejuk dengan adanya semilir angin di sepanjang hari. Pemandangan sunrise dan sunset pun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung.

Pangandaran dulunya dikenal sebagai kota nelayan kecil, dimana nelayan pergi di pagi hari dan pulang pada sore hari dengan membawa ikan ke tepian pantai. Pangadaran memiliki 2 pantai di sisi barat dan timur, di kawasan ini pengunjung bisa berenang dan berjemur di bawah matahari atau sekedar menikmati pemandangan sekitar. Kalian juga bisa menikmati bukit hutan yang merupakan cagar alam setempat. Hutan ini adalah hutan tempat tinggal banyak monyet, rusa, kerbau dan masih banyak hewan eksotis lainnya.

Bukan cuma itu, ada juga sejumlah gua alami dan gua buatan yang dibangun oleh Jepang selama perang dunia kedua sebagai bunker. Di kawasan ini juga terdapat air terjun yang langsung mengarah ke Pangandaran. Berbeda dengan pantai Pangandaran Barat, Pangadaran Timur menyuguhkan surga bagi penggila makanan laut. Ribuan pangan olahan laut ditawarkan mulai dari restoran hingga warung makan pinggir pantai, selain warung di sebelah pantai Pangandaran Timur juga terdapat pasar ikan segar yang didistribusikan langsung dari nelayan.

Selain jadi surga bagi para pecinta kuliner laut, pantai Pangandaran Timur juga jadi destinasi bagi mereka yang gemar berolahraga air seperti jet ski dan banana boat. Pantai Pangandaran pun rutin menggelar event pariwisata di setiap bulan Muharam yakni Hajat Laut. Acara ini merupakan perwujudan rasa syukur para nelayan Pangandaran kepada Tuhan YME dengan cara melepaskan sesajen kelaut lepas.

Selain pantai, ternyata kabupaten Pangandaran juga memiliki destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti Konservasi Penyu, Green Canyon, Goa Lanang Selasari, hingga Desa Wisata Nelayan Babakan. Kawasan Konservasi Penyu juga menawarkan wisata pantai lho, tepatnya objek pantai Batu Hiu. Setidaknya ada lima jenis penyu dengan ukuran beragam dari yang kecil hingga besar.

Green Canyon atau Cukang Taneuh dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Lokasinya ada di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, kawasan wisata ini berbentuk ngarai yang terjadi dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang. Sedangkan Goa Lanang Selasari terletak di Desa Selasari Kecamatan Parigi, persisnya di Kabupaten Pangandaran dan bisa ditempuh dari Pangandaran kurang lebih 1,5 jam. Dalam perjalnan sungai, kalian bakal melihat pemandangan alam desa yang menawan dan unik.

Untuk pantai Pangandaran sendiri memiliki jarak kurang lebih 91 km jika ditempuh dari Kabupaten Ciamis, serta 212 km dari Bandung. Meskipun pantai Pangandaran adalah pantai Selatan yang langsung menghadap ke Samudera Hindia, tapi masih relatif aman untuk bermain air ataupun berenang di lautan. Karena jarak pasang naik serta pasang surut terlampau lama, jadi tidak perlu cemas akan terkena tsunami atau gelombang besar.

Sedikit sejarah singkat seputar pantai Pangandaran, zaman dahulu raja dari Padjajaran memperistri wanita cantik, tapi wanita tersebut hanyalah dijadikan istri simpanan. Alhasil suatu ketika istri simpanan itu berbadan dua, Raja malah marah dan membenci wanita tersebut. Tentunnya istri simpanan Raja sangat kecewa, ia memutuskan untuk berjalan tanpa arah dan sampai di pesisir pantai Selatan Laut Jawa. Menghadapi sebuah pantai di lautan lepas, wanita tersebut merasa sudah tidak ada jalan lalu berniat mengakhiri hidupnya.

Tapi ia diselamatkan oleh penguasa laut kidul yang mengutus pengawalnya menyelamatkan wanita tersebut. Akhirnya, wanita tersebut diangkat menjadi anak Ratu Laut Kidul dan diberi nama Roro Kidul atau yang sekarang dikenal dengan nama Ratu Nyi Roro Kidul.

Untuk bisa menikmati Pantai Pangandaran sendiri, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp6,000 belum termasuk parkir, biaya parkir berkisar mulai dari Rp2,000 (motor) hingga Rp5,000 (mobil). Berminat mampir?

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
12 Jun 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.