5 Spot Snorkeling Terpopuler di Pulau Dewata
 

5 Spot Snorkeling Terpopuler di Pulau Dewata

Poin Ekstra

Pulau Dewata memiliki kekayaan alam yang luar biasa indahnya, maka tak heran kalau banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang terhipnotis akan keindahannya. Pulau tersebut juga identik dengan kehadiran warga asing hampir di sepanjang tahun, tak terhitung bahkan sudah menjadi tempat tinggal bagi mereka para warga asing. Sangat wajar memang, karena Bali punya destinasi wisata, budaya dan kuliner yang bikin mereka penasaran hingga betah berlama-lama disana.

Terutama buat kalian para pecinta kecantikan bawah laut, ada banyak spot disana yang cocok untuk snorkeling maupun diving. Berikut lima diantaranya

1. Nusa Lembongan

Nusa Lembongan terletak di Lembongan island, Jungutbatu, Nusapenida, Klungkung Regency, Bali. Kecantikan bawah laut disana memang gak perlu diragukan lagi, ada empat spot kece yang paling populer untuk snorkeling ataupun diving. Yaitu, kawasan Lembongan Bay, Mushroom Beach, Blue Corner, dan kawasan Hutan Mangrove. Disana kamu juga bisa menikmati berbagai jenis wisata air lainnya, kayak sea walker dan jumping cliff. Nusa Lembongan terbagi menjadi dua desa yakni Desa Lembongan dan Desa Jungubatu. Desa Lembongan membawahi 6 dusun dan 12 banjar adat, yang wilayahnya berada di dua pulau yakni sebagian besar Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Keenam dusun yang menyokong Desa Lembongan yaitu Dusun Kawan, Kaja, Kelod, Kangin, Ceningan Kawan dan Ceningan Kangin (dua dusun terakhir terletak di Nusa Ceningan).

2. Padang Bai

Lokasi yang kedua juga sangat populer untuk snorkeling dan diving, letaknya ada di Padangbai, Manggis, Karangasem Regency, Bali. Kawasan tersebut memang memiliki biota alam bawah laut yang luar biasa indah, bonusnya kamu bisa melihat ikan pari secara langsung lho. Untuk menuju lokasi pantai Padang Bai, anda akan melewati obyek wisata pura Goa Lawah di Desa Pesinggahan Klungkung. Di sekitar objek wisata Goa Lawah, banyak terdapat warung lesehan yang menyajikan olahan ikan laut seperti, sate lilit dan pepes ikan. Selain itu, sebelum anda sampai di pantai Padang Bai, anda juga akan melewati Labuan Amuk, tempat berlabuhnya kapal pesiar dan kapal selam Odyssey Submarine Bali. Tapi sebenarnya Padang Bai adalah salah satu pelabuhan laut, pintu keluar masuk pulau Bali melalui jalur laut.

3. Lovina Beach

Lovina beach terletak di Anturan, Buleleng Sub-District, Buleleng Regency, Bali. Selain cocok buat snorkeling dan diving, lokasi ini juga dikenal dengan tour lumba-lumbanya yang oke banget. FYI, harga paket tour lumba-lumba dan snorkeling disini sekitar Rp200 ribu rupiah per orang. Wisatawan baik asing maupun lokal banyak yang berkunjung ke sana. Berbagai penginapan mulai dari Inn hingga Cottages tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Perjalanan ke tengah laut diperairan Lovina sangat disukai wisatawan. Perairan laut Lovina yang relatif tenang, sehingga dapat dilewati dengan nyaman dengan menggunakan perahu nelayan. Bioata laut di Lovina jenisnya beraneka ragam dan tidak kalah dengan tempat menyelam di Bali yang lain.

4. Tulamben

Pantai Tulamben Karangasem Bali adalah pantai yang berada di Bali Timur yang lokasinya masuk kedalam wilayah administrasi kecamatan kubu yang tepatnya berada di bagian utara kabupaten karangasem Bali dan menghadap ke selat Lombok. Lokasi Pantai Tulamben sendiri sesuai dengan namanya Desa Tulamben, Kecamatan Kubu Karangasem Bali dan lokasinya berada 104 kilometer yang bisa di tempuh selama 2.5 jam berkendara dari Bandara Udara International Ngurah Rai. Kalo kamu pecinta diving atau snorkeling, mengunjungi Pantai Tulamben harus ada dalam daftar kunjungan. Karena di wilayah perairan Tulamben ini banyak spot-spot menyelam yang memukau mata. Letaknya memang cukup jauh dari Bandara Ngurah Rai Denpasar yakni sekitar 100 km dengan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan.

5. Pemuteran

Pemuteran terletak di Gerokgak, Buleleng Regency, Bali. Daerahnya memang cukup jauh, terletak kurang lebih 30km dari penyebrangan Gilimanuk, atau 55km ke arah Barat dari kota Singaraja. Tempat tersebut merupakan wisata laut sebagai tempat penangkaran terumbu karang yang populer. Tapi, snorkeling maupun diving di kawasan ini hanya dapat dilakukan pagi hari ketika air tidak terlalu pasang. Yayasan Karang Lestari (Bali) dengan kegiatan "Coral Reef Reborn Pemuteran, Bali" pernah meraih peringkat kedua untuk kategori "Innovation in Non Govermental Organizations" di United Nation World Tourism Organization (UNWTO/Organisasi Pariwisata Dunia PBB). Pantai ini memang dijaga sedemikian rupa oleh masyarakat adat desa Pemuteran sendiri. Pembangunannya dan pelestariannya atas partisipasi masyarakat lokal, yang masih kental dengan adat mereka.

Kalo gitu langsung aja dipilih spot mana yang paling cocok di hati kamu, okeh?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
25 Jun 2019

10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.