Yuk! Cari Tau Perbedaan Antara Soba, Ramen dan Udon
 

Yuk! Cari Tau Perbedaan Antara Soba, Ramen dan Udon

Udon/ Foto: Ft.com

Poin Ekstra

Tidak hanya ramen, jenis olahan mie khas Jepang yang mungkin sering kamu jumpai di Indonesia adalah soba dan udon. Sayangnya banyak yang menganggap sajian soba dan udon sama dengan sajian ramen karena tidak tahu perbedaan antara ketiganya. Nah, untuk memperkaya pengetahuan Travel Mates akan jenis kuliner khas Jepang, berikut cara mudah untuk membedakan sajian soba, ramen, dan udon. 

Mie Ramen

Siapa sangka mie ramen yang sudah cukup terkenal dari Jepang ini ternyata berasal dari China. Ramen yang diimpor dari China ini diolah menjadi hidangan khas Jepang yang nikmat hingga dikenal di seluruh mancanegara. Kamu dapat menikmati sajian ramen dimanapun karena jenis mie ini merupakan yang paling banyak diolah menjadi beragam variasi. Pada umumnya, mie ramen berwarna kuning dan menyerupai mie biasa, hanya saja teksturnya sedikit lebih pipih dan lembut. 

Hasil gambar untuk Mie RamenMie ramen/ Foto: His-travel.co.id

Hal yang membuat penyajian mie ramen lebih menojol diantara jenis mie Jepang lainnya adalah karena ada penambahan kaldu didalamnya. Kamu dapat merasakan varian mie ramen yang berbeda tergantung dari jenis kaldu yang digunakan. Penambahan kaldu menjadikan mie ramen kaya rasa dan terasa ringan dan segar di lidah Kamu. Kaldu yang paling populer dalam mie ramen olahan Jepang adalah shoyu (kecap berbahan dasar kedelai) dan shio (kaldu berbasis garam). Jenis lain seperti miso, tonkotsu (kaldu berbasis tulang babi) dan kaldu kari bahkan telah banyak diminati oleh sebagian besar orang Jepang. 

Mie Udon

Tekstur mie Udon jauh lebih tebal dari mie ramen. Mie udon cenderung berwarna putih karena terbuat dari tepung terigu. Selain berkaldu, mie udon juga dapat disajikan tanpa kuah atau disebut dengan yaki udon yang merupakan sebutan dari mie udon goreng dengan tambahan sayuran serta irisan daging. Bahan yang digunakan pun lebih sederhana jika dibandingkan dengan sajian mie ramen. Walaupun banyak restoran yang menyajikannya tanpa variasi, bumbu klasik seperti kakejiru, kecap, dashi, dan mirin, masih menjadi bahan campuran untuk kaldu udon yang cukup populer.

Hasil gambar untuk Mie UdonMie udon/ Foto: Resepkubunda.com

Hal yang menjadikan mie udon terasa unik di lidah adalah penambahan topping tempuranya yang gurih. Kamu dapat menikmatinya tanpa tambahan lain namun untuk menambah kelezatan rasa, mintalah pramusaji untuk menambahkan tempura dalam sajian mie udon yang Kamu pesan. Perpaduan antara renyahnya tempura dan kenyalnya mie udon akan membuat lidahmu semakin ketagihan. Cobalah sensasi menyantap mie udon ditengah dinginnya musim salju di Jepang!

Mie Soba

Hasil gambar untuk Mie sobaMie soba/ Foto: Bayoranteknik.co.id

Kamu wajib mencoba hidangan sederhana yang menawarkan rasa ringan dan menyegarkan dari mie soba. Bentuk mie soba memiliki ketebalan yang sama dengan mie ramen. Hal yang membuatnya berbeda adalah warna dan bahan utama yang digunakan. Mie soba terbuat dari tepung soba sehingga memberikan warna coklat yang khas dan memiliki tekstur yang jauh lebih lembut namun kurang elastis. Mie soba sangat baik dalam menyerap kaldu sehingga kamupun dapat merasakan gurihnya yang meresap pada setiap helai mie soba yang disajikan. Kamu pun dapat memesan mie soba yang terpisah dari kaldunya. Soba dingin yang dinikmati bersama dengan kaldu akan menghasilkan rasa yang cukup kuat. Kekuatan rasa tersebut dihasilkan dari kuah kaldunya yang terbuat dari kecap, dashi, dan mirin, yang biasanya disajikan terpisah dalam mangkuk kecil.
 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
07 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah mie ramen berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.