Kenalan Sama Sajian Unik Khas Medan Bernama 'Nasi Kentut'
 

Kenalan Sama Sajian Unik Khas Medan Bernama 'Nasi Kentut'

Poin Ekstra

Sama seperti wilayah Indonesia lainnya, Medan Ibu Kota di Provinsi Sumatera Utara punya keindahan alam yang sangat menakjubkan. Saking banyaknya, traveler mungkin bakalan bingung memilih destinasi wisata yang harus dikunjungi. Kalian bisa berkunjung ke ragam pantai, lembah, tebing, air terjun, hingga gunung. Tapi jangan lupa, ketika berkunjung ke Medan, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi aneka kuliner lezat seperti Bika Ambon, Soto Medan Sinar Pagi, Kari Tabona, Durian Medan hingga Nasi Kentut. Terdengar unik bukan?

Meskipun memiliki nama yang agak nyleneh, kuliner ‘Nasi Kentut’ punya cita rasa lezat dan banyak manfaat bagi kesehatan. Nama Nasi Kentut ini berasal dari jenis daun yang digunakan sebagai campuran nasi. Daun kentut atau yang dikenal juga dengan nama daun sembukan memiliki khasiat yang dapat melancarkan pencernaan.

Image result for nasi kentut medan

Selain itu, tanaman merambat ini juga bisa mengobati sariawan, penyakit maag, hingga mengatasi perut kembung. Daun kentut sama dengan sembukan atau dalam bahasa latin bernama Paederia foetida. Tanaman ini merupakan tanaman liar di alam terbuka seperti semak belukar. Di sebut daun kentut karena memang memiliki aroma yang tidak sedap mirip seperti bau kentut manusia.

Image result for nasi kentut medan

Fyi, daun kentut tidak hanya digunakan sebagai campuran saat memasak nasi, tapi juga sebagai lalapan. Aroma daun yang sangat khas akan menambah nafsu makan. Rasa unik nasi pulen menjadi sorotan utama dalam penyajian kuliner dengan nama nyeleneh ini. Keunikan rasa tersebut diperoleh dari proses pembuatannya yang dimasak dengan daun kentut, ditambah bumbu rempah-rempah dan dibungkus dengan balutan daun pisang. Cara membuatnya nasi pulen ditambah rempah dan dikukus menggunakan daun kentut dengan daun pisang. Untuk lauknya nasi kentut biasanya disantap dengan suwiran ayam goreng, ikan teri, pepes oncom, dan sambal merah.

Image result for nasi kentutgoogle.com

Saat disajikan, nasi nampak hijau dan menggiurkan. Nasi kentut ini disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ikan teri, kentang pedas, pepes oncom, tumis sayur, mi goreng, dan ayam goreng. Lebih mantap lagi jika ditambahkan dengan sambal terasi atau sambel ijo. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam daun sembukan. Di antaranya cukup bagus untuk sariawan dan juga penyakit lambung. Ada juga rempah lain, seperti kunyit yang dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Yang membedakan Nasi Kentut dengan kuliner lain adalah lauk yang ada di dalamnya. Ada beragam pilihan, seperti ikan pepes, ayam goreng, bahkan ikan teri. Mirip dengan dengan Nasi Kucing yang biasa kamu temukan di Angkringan Jogja.

Menemukan kuliner ini pun tak begitu sulit. Banyak warung yang menjajakan nasi kentut di Medan. Salah satu yang populer berada di Jalan Wahidin No.24, Medan. Jam bukanya mulai dari pukul 12.00 hingga menjelang petang yakni sekitar jam 18.00. Jangan datang sore-sore ya karena kuliner ini cepat sekali habis. Harga satu porsi nasi kentut pun sangat bersahabat, sekitar Rp10 ribu hingga 20 ribu saja.

Image result for nasi kentut medangoogle.com

Selain Nasi Kentut, Ada banyak pilihan makanan enak yang menarik untuk dicoba satu per satu. Di antaranya ada Mie Balap yang berlokasi di Jalan Wahidin. Meski hanya dengan modal gerobak sederhana, pelanggannya selalu penuh dan memaksamu untuk antri. Karena sudah buka sejak jam 6.30 pagi, kamu bisa menggunakan menu ini untuk sarapan. Jangan datang terlalu siang kalau tak mau kehabisan, ya.

Image result for Istana Maimungoogle.com

Btw, Medan juga dikenal sebagai surga bagi pecinta fotografi, banyak bangunan lawas cantik berkelas dari segala zaman disana. Seperti Istana Maimun di Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid hingga Tjong A fie yang klasik nan indah. Jadi buat yang berkunjung ke Medan, jangan lupa mampir ke berbagai wisata dan mencicipi kulinernya. Okeh?

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Melynda NA
09 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.