Aneka Ragam Sate yang Bikin Ngiler dari Berbagai Daerah di Indonesia
 

Aneka Ragam Sate yang Bikin Ngiler dari Berbagai Daerah di Indonesia

Sate di penjuru nusantara/ Foto: webicdn.com

Poin Ekstra

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan wisata kulinernya. Perbedaan adat istiadat dan budaya di berbagai daerah menyebabkan perbedaan makanan. Positifnya Indonesia semakin kaya akan rasa. Untuk sajian sate saja ada banyak sekali jenis yang bisa kamu coba.

Selain lezat variasi sate ini juga tergolong murah meriah. Dijamin bikin kamu ngiler deh meski hanya dipameri visualnya aja. Berikut beberapa sate yang wajib kamu coba saat wisata kuliner!

Sate Ragey Khas Manado

Sate yang pertama berasal dari Manado bernama Ragey. Ragey sendiri bermakna besar karena potongan dagingnya yang memang gede-gede. Sayangnya sate Ragey ini terbuat dari daging babi. Sate ini kerap disuguhkan di setiap acara di Sulawesi Utara. Sate ini pertama kali dijual di rumah makan Ragey yang ada di kelurahan Talikuran, kecamatan Kawangkoan, Minahasa.

Sate Ragey/ Foto: blogspot.com

Rumah makan ini didirikan oleh keluarga Adri Lomboan-Tarandung sejak 1987. Para supir dari Manado kerap mampir ke warung makan ini untuk mencoba sate Ragey. Alhasil banyak orang mengenal sate ini khususnya orang Manado dan menjualnya di ibukota.

Sate Ambal Dari Kebumen

Hidangan sate di pulau Jawa memang cukup banyak. Salah satunya ialah sate Ambal dari Kebumen. Sate ini terbuat dari daging ayam kampung. Cara membuatnya ialah dimulai dengan memotong daging ayam dalam ukuran kecil. Lanjutkan dengan meredamnya kedalam bumbu khusus selama dua jam.

Sate Ambal/ Foto: travelingyuk.com

Sate ini unik bila kamu lihat dari bumbunya. Pada umumnya sate menggunakan saus kacang namun tidak dengan sate Ambal. Sate Ambal malah memakai tempe tumbuk sebagai sausnya. Sate ini biasa dikonsumsi dengan ketupat dan sering disuguhkan saat Idul Fitri tiba.

Sate Kerang Khas Surabaya

Terakhir, sate kerang khas kota Surabaya dan Sidoardjo. Seperti namanya bahan utama sate ini ialah kerang. Sate kerang biasa bertekstur kenyal dan rasanya gurih manis.  Untuk membuatnya, daging kerang biasa direndam bersama buah kiwi selama 30 menit. Setelah itu barulah dagingnya direbus.

Sate Kerang/ Foto: tumblr.com

Satu porsi sate kerang biasa dijual Rp.10.000-Rp.15.000. sate kerang ini biasa dikonsumsi dengan lontong balap. Hmmm, jadi kepengen wisata kuliner segera deh!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
02 Dec 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah sate Ragey berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.