Traveling ke Palembang Jangan Lewatkan Pesona Sungai Musi!
 

Traveling ke Palembang Jangan Lewatkan Pesona Sungai Musi!

Poin Ekstra

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Palembang belum menikmati pemandangan, dan berfoto di sungai ikonik Musi. Sungai Musi jadi urat nadi banyak destinasi di Sumatera Selatan. Sungai sepanjang 750 km ini membelah Kota Palembang menjadi 2 bagian yaitu Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Sedangkan jembatan yang menghubungkannya adalah Jembatan Ampera yang megah. Banyak lokasi yang dilewati sungai ini mengikuti alur sungai dari tepian, atau menyusuri sungai dengan perahu sama-sama seru.

Di tengah Sungai Musi, ada Pulau Kemaro yang jadi destinasi incaran banyak turis saat ke Palembang. Pulau di tengah sungai ini menawarkan pemandangan cantik dan legenda menarik. Sedangkan sungai ini memiliki pemandangan luar biasa pada sore hari. Tepatnya saat sunset. Karena pada saat matahari tenggelam, air akan berubah warna keemasan. Layaknya pantai yang indah, hal tersebut juga bisa dinikmati di tepian Sungai Musi. Hari ini Ekspedisi Langit Nusantara akan menjelajah Palembang, termasuk Sungai Musi.

Image result for keindahan sungai musigoogle.com

Pada zaman dahulu, Sungai Musi merupakan pusat perdagangan. Ikon Kota Palembang ini menjadi pusat transaksi untuk beberapa kegiatan dagang yang dilakukan oleh pedagang-pedagang dari Tiongkok, India dan Jawa. Sisa-sisa cerita sejarah yang terjadi pada Sungai Musi ini menjadi daya tarik yang menambah keindahan Sungai Musi. Dengan lebar 300 meter, Sungai Musi memberikan pemandangan layaknya laut yang lebar. Traveler bisa menikmati Sungai Musi ikon Kota Palembang ini dengan menyusurinya menggunakan perahu. Potensi Sungai Musi sebagai komoditas pariwisata Kota Palembang dikelola dengan baik oleh masyarakatnya. Untuk menikmati Sungai Musi, traveler bisa melakukan tur Sungai Musi menggunakan perahu motor, cetek atau ketek yang banyak disediakan oleh penyewa. Melakukan tur Sungai Musi, para pengunjung akan diajak menyusuri situs-situs di sepanjang Sungai Musi. Antara lain Pulau Kemaro, kuil-kuil di pinggir sungai, dan makam Ratu Bagus Kuning.

Image result for keindahan sungai musigoogle.com

Wisata kuliner di sepanjang Sungai Musi, akan memberikan pengalaman baru untuk siapa saja. Bagaimana tidak, Teman Traveler akan menemukan banyak restoran terapung yang menjajakan aneka makanan khas Palembang. Restoran Kapal Terapung yang terletak di pinggiran Sungai Musi ikon Kota Palembang ini mampu menampung 15 hingga 20 pengunjung. Jika makan di sini, jangan lupa untuk memesan menu-menu khas yang tidak ditemui di tempat lain seperti Pidang Pegagan. Selain Pindang Pegagan, Teman Traveler juga bisa menikmati Pindang Ikan Gabus atau Pindang Tulang Sapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bukan hanya resto terapung, di sini juga terdapat resto-resto modern dengan menu yang lengkap.

Image result for keindahan sungai musigoogle.com

Di sekitar jembatan Ampera, dekat dengan Benteng Kuto Besak, ada ruang terbuka dimana kita bisa duduk-duduk melihat pemandangan di tepi sungai Musi. Di tempat itu pula dapat kita temui perahu atau boat yang berlabuh, dan siap mengantar jika kita ingin menyusuri sungai. Nah, mari kita nikmati pemandangan sepanjang tepian sungai Musi ini. Jika dibandingkan dengan Sungai Mekong di Vietnam, seperti yang pernah saya ceritakan di sini, tampak rumah-rumah tepian sungai ini lebih bersih. Di sungai Mekong banyak perahu yang tampak kumuh dan sekalian dijadikan tempat tinggal, namun di sungai ini tidak. Rumah-rumah panggung berderet, malah ada beberapa yang bagus, dengan bentuk bangunan yang khas.

Image result for keindahan sungai musigoogle.com

Memang sih, masih ada juga yang kelihatan kumuh, dan mungkin perlu dibenahi, agar terlihat tertata rapi. Penataan hunian di tepi sungai Musi ini, salah satunya adalah bagian depan rumah yang menghadap di tepian sungai, bukan bagian belakang rumah. Dengan demikian pemandangan akan lebih indah jika kita berwisata menyusuri sungai ini. Tapi secara keseluruhan pemandangan masih relatif lebih baik di tepian sungai Musi, dibandingkan ketika saya menyusuri sungai Mekong. Ini hanya pendapat pribadi saya saja. Lain lagi, dengan sungai Chao Praya, di Bangkok, kegiatan transportasi sungainya lebih aktif, untuk menjangkau berbagai tujuan penting, termasuk beberapa destinasi wisata.Jika di sungai Musi ini, transportasinya masih terbatas. Tapi kita bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungai ini, dengan biaya yang terjangkau, dan bisa menikmati pemandangan dan aktivitas di sungai dan tepian sungai. Suatu kegiatan yang berbeda dengan rutinitas harian kita. So, buat yang berniat mampir ke Palembang, jangan lupa kunjungi sungai Musi yah!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Melynda NA
06 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.