Ternyata Traveling Ke Alam Terbuka Memberi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan
 

Ternyata Traveling Ke Alam Terbuka Memberi Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Traveling di alam terbuka/ Foto: phinemo.com

Poin Ekstra

Tahukah anda ternyata jalan-jalan tak hanya mampu mengubah mood yang buruk. Traveling juga memiliki manfaat bagi kesehatanmu. Apalagi jika jalan-jalan ke alam terbuka. Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian yang telah dilakukan.

Terbukti bahwa traveling ke alam terbuka mampu memberikan manfaat secara fisik dan mental. Anda pasti penasaran deh, manfaat apa saja yang didapat jika terbiasa traveling ke alam? Yuk simak beberapa ulasan singkat berikut ini !

Memiliki Kesejahteraan Mental Yang Konsisten

Menikmati pemandangan dan dipadu dengan udara segar memang menyenangkan. Apalagi bila anda terbiasa hidup di daerah perkotaan yang pengap dengan gedung dan kendaraan.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Scientific Reports membuktikan traveling ke alam mampu memberikan kesejahteraan mental yang konsisten.

Traveling ke alam terbuka/ Foto: bukalapak.com

Hasil penelitian ini didasari oleh penelitian yang dilakukan pada 20.000 orang di Inggris. Mereka menyisihkan waktu 120 menit dalam satu minggu di alam. Hasilnya cukup mencengangkan karena mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Hanya satu dari tujuh orang yang melakukan jogging selama 2 jam di alam mengaku kesehatannya kurang baik.

Baik Untuk Penyandang Disabilitas

Traveling di alam terbuka/ Foto: nepaltravellers.com

Penelitian ini juga membuktikan bahwa traveling ke alam bermanfaat bagi penyandang disabilitas. Tak perlu jalan-jalan ke alam setiap hari untuk merasakan efeknya.

Anda bisa traveling minimal 2 jam dalam seminggu. Peningkatan kesehatan mental dan fisik dari traveling ke alam terbuka ini juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang sakit.

Meningkatkan Kreatifitas

Traveling di alam terbuka/ Foto: triptrus.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Lpndon menyatakan ada keterkaitan alam dengan kemampuan kognitif manusia.

Anda yang terbiasa bekerja memakai komputer dan smartphone dipaksa untuk tidak tergantung dengan gadget saat berada di alam terbuka. Hal ini memicu kreativitas dan kemampuan interaksi dengan sesama.

Menghentikan Pemikiran Buruk

Traveling di alam terbuka/ Foto: superadventure.co.id

Traveling ke alam terbuka juga mencegah pemikiran yang obsesif serta negative. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi depresi yang kini mulai marak di kalangan milenial. Anda bisa jalan-jalan ke taman kota atau melihat hutan yang indah. Berjalan diantara pepohonan juga mampu meningkatkan ingatan hampir 20%.



 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
06 Dec 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah gagasan tentang ketertarikan alam berkaitan dengan kemampuan kognitif?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.