Liburan Tipis-Tipis ke Segitiga Ranu Lumajang
 

Liburan Tipis-Tipis ke Segitiga Ranu Lumajang

Segitiga Ranu Lumajang/ Foto: lumajangsatu.com

Poin Ekstra

Lumajang memang dikenal dengan indahnya pegunungan Tengger dan Gunung Semeru. Ranu Kumbolo, Ranu Pane dan Ranu Regulo menjadi beberapa spot populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi Gunung Semeru. Namun ternyata Lumajang masih punya ranu-ranu super keren lain yaitu Segitiga Ranu.

Segitiga Ranu merupakan 3 ranu yang letaknya berdekatan dan berada di bawah naungan Gunung Lemongan. Jika dilihat dari ketinggian, ketiga ranu ini akan membentuk pola segitiga. Berikut akan dijelaskan dengan singkat mengenai keindahan dari masing-masing ranu ini:

1. Ranu Klakah

Segitiga Ranu Lumajang/ Foto: wonderfulindonesia.co.id

Danau ini terbentuk dari letusan Gunung Lemongan dan menjadi populer di kalangan wisatawan karena keindahan lanskapnya. Jika berkunjung ke sini, kalian bisa menikmati indahnya Gunung Lemongan yang menjadi background Ranu Klakah. Tak hanya itu, sekeliling ranu yang merupakan pepohonan hijau membuat panorama di danau ini lebih menakjubkan.

2. Ranu Pakis

Ranu Pakis/ Foto: blogspot.com

Ranu kedua dari gugusan Segitiga Ranu ini adalah Ranu Pakis yang terletak sekitar 1 km dari Ranu Klakah. Lanskap Ranu Pakis hampir mirip dengan Ranu Klakah dengan bagan-bagan apung yang menjadi tempat budidaya ikan air tawar milik warga sekitar. Danau super cantik ini memiliki luas sekitar 112 hektar lho.

3. Ranu Bedali

Ranu Bedali/ Foto: blogspot.com

Jarak Ranu Bedali dan Ranu Klakah sekitar 5 km. Berbeda Ranu Klakah, kalian bisa menikmati panorama Ranu Bedali dari ketinggian karena terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Ranu Bedali memiliki luas sekitar 25 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter. 

Jika dilihat dari atas, Ranu Bedali terlihat seperti cekungan mangkuk besar karena bukit dan pepohonan rindang di sekelilingnya.. Tak jauh dari Ranu Bedali, kalian juga bisa menemukan dua air terjun lho. 

Selain menikmati indahnya sunrise atau sunset, kalian juga bisa melakukan aktifitas seru seperti berkemah, speedboat, kano, jet sky, perahu angsa, rakit bambu tradisional hingga memancing ikan di Segitiga Ranu.

Bagaimana Cara Untuk Sampai ke Segitiga Ranu?

Ranu Bedali/ Foto: travelingyuk.com

Ketiga ranu cantik ini lokasinya terletak di Kecamatan Klakah atau sekitar 20-25 km dari Kota Lumajang. Jika kalian memulai perjalanan dari Kota Lumajang, maka butuh waktu sekitar 40 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di Segitiga Ranu.

Nah, selain menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga bisa sampai di Segitiga Ranu menggunakan bus. Ada dua rute yang bisa diambil yaitu Terminal Bus Surabaya-Malang dan Terminal Bus Jember-Banyuwangi. Dari kedua terminal ini kalian bisa menuju terminal Wonorejo – terminal Klakah dan dilanjutkan dengan transportasi lain untuk menuju Segitiga Ranu.

Yuk eksplor Segitiga Ranu untuk mengisi liburan akhir pekan kalian..

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
26 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah luas Ranu Bedali?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.