Keindahan Pulau Miangas di Sulawesi Utara yang Pernah Jadi Rebutan 3 Negara
 

Keindahan Pulau Miangas di Sulawesi Utara yang Pernah Jadi Rebutan 3 Negara

Poin Ekstra

Indonesia menjadi negara yang terdiri dari gugusan pulau-pulau, salah satu pulau terdepan dan terindah adalah Miangas. Mungkin namanya terdengar sedikit asing, namun siapa sangka pulau tersebut pernah diperebutkan oleh tiga negara Spanyol, Amerika Serikat serta Belanda beberapa abad silam karena keberadaannya yang amat sangat strategis.

Image result for pulau miangastwitter.com

Di abad ke XVII, Spanyol pernah singgah ke Miangas dan mengklaim pulau tersebut lalu dinmai Palmas atau Polmas. Spanyol pun mengaku jika menemukan Miangas pada tahun 1648, jauh sebelum kedatangan Belanda. Maka Spanyol bersikeras mengklaim bahwa mereka yang pertama kali menemukan, memberi nama, dan berdaulat atas pulau Miangas. Belanda pun tak mau kalah, akhirnya tak ada keputusan jelas tentang posisi pulau Miangas saat itu. Tahun 1897-1898 terjadi perang antara Spanyol dan Amerika Serikat. Setelah Amerika mengantongi kemenangan, maka Spanyol menyerahkan seluruh wilayah Filipina termasuk pulau di sekitarnya.

Image result for pulau miangaskabarpenumpang.com

Kala itu, Miangas masuk pada daftar pulau yang dikuasai Spanyol dalam catatan negara itu. Hal tersebut memicu perselisihan antara Belanda dan Amerika. Belanda tetap pada pendirian bahwa Miangas adalah bagian dari Karesidenan Manado, sedangkan Amerika meyakini Miangas adalah pulau yang tercantum pada wilayah Spanyol yang telah ditaklukkan. Tak kunjung selesai, perkara ini dibawa ke Pengadilan Mahkamah Internasional di Deen Haag dan dimenangkan Belanda. Saat Indonesia merdeka, Miangas yang masuk dalam wilayah jajahan Belanda pada akhirnya menjadi bagian Indonesia.

Image result for pulau miangaskabarpenumpang.com

Sekarang Miangas masuk ke dalam wilayah administratif Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pulau ini dinamakan Miangas karena mengacu pada dialek setempat 'Meangas atau Meangis' yang disederhanakan menjadi Miangas yaitu artinya 'Menangis'. Konon dulunya daerah ini sering menjadi sasaran perompak, sehingga penduduk asli disana merasakan kehidupan perih penuh dengan tangisan dan air mata.

Image result for pulau miangastribunmanado.com

Di balik itu semua, pulau ini memiliki panorama alam yang amat sangat indah memukau. Bahkan, beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo sempat berkunjung dan mengaku seakan terhipnotis akan kecantikan pulau Miangas. Pulau ini cocok menjadi destinasi wisata untuk menghabiskan waktu berkualitas bareng keluarga, atau mungkin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota. Buruan mampir!

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
08 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Negara asia yang paling dekat dengan Pulau Miangas adalah?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.