Janjang Koto Gadang di Padang Jadi Tembok Raksasa Saingan Great Wall
 

Janjang Koto Gadang di Padang Jadi Tembok Raksasa Saingan Great Wall

Poin Ekstra

Pastinya kenal banget sama Tembok Raksasa Cina (Great Wall of China) salah satu Situs Warsan Dunia. Tapi ternyata, Nusantara juga punya wisata yang serupa dan enggak kalah megahnya di Sumatera Barat, yaitu Janjang Koto Gadang. Lokasinya ada di Kota Bukittinggi, Janjang Koto Gadang ini menawarkan wisata tembok besar yang dikelilingi hutan dan tebing cukup curam. Bedanya, tembok raksasa China memiliki panjang 8,851 kilometer, sedangkan Janjang Koto Gadang hanya 1,5 kilometer.

Soal keindahan dan panorama alam enggak perlu dikhawatirkan, karena dijamin masih asri banget. Ditambah dengan udara sejuk khas Bukittinggi, pastinya bakal menambah sensasi liburan yang luar biasa disana. Meskipun enggak terlalu panjang, tapi treknya menantang banget lho, kamu harus siap fisik secara matang. Sarannya, lebih baik masuk dari pintu Goa Jepang untuk mendapatkan trek yang lebih mudah, karena banyak didominasi dengan turunan. Kalo kamu melewati rute Ngarai Sianok, medannya sangat menantang, dengan banyak belokan dan trek sempit.

Fisik dan mental kamu harus dipersiapkan sebelum mengijakkan kaki Janjang Koto Gadang. Sepanjang trek trekking, terdapat ribuan anak tangga yang siap menguras dahaga. Yang bikin menarik dari Janjang Koto Gadang adalah kamu bisa memilih akses yang lebih mudah. Jika kamu masuk dari pintu Goa Jepang, treknya mudah karena banyak didominasi turunan. Sedangkan, jika kamu melewati rute Ngarai Sianok, medannya cukup menantang, dengan banyak kelok dan trek sempit. Objek wisata yang satu ini emang menantang banget, kamu harus kuat-kuat melewati anak tangga yang banyak dan celah-celah tebing yang berkelok-kelok, tetapi kita sebenarnya bisa beristirahat menghilangkan rasa lelah dan capek di warung-warung pinggir jalan didekat ngarai yang menawarkan masakan khas daerah Bukittinggi.

Keindahan alam sekitar Jajang yang sangat mempesona dengan panorama Gunung Merapi dan Gunung Singgalang membuat pemandangan menjadi tambah indah. Ditambah lagi dengan hamparan pepohonan yang tumbuh alami disekitarnya sehingga banyak satwa yang lewat dan dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Kalau belum puas, kamu bisa bermalam disana dengan sistem buka tenda atau kamping, karena ditempat ini tidak ada penginapan. Suasana malam yang indah, ketenangan malam dari ngarai sianok dan jajang koto gadang akan membuat setiap orang terkagum-kagum dan mensyukuri kekayaan alam di Indonesia.

Selain itu, ada banyak tempat di Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya Pantai Padang, orang Minang sering menyebutnya Taplau. Pantai Padang ini sangat berbeda dengan yang dahulu, pemerintah Kota Padang terus berbenah dan memperbaiki fasilitas di Pantai ini. Kini Taplau sudah berubah menjadi tempat yang cantik dan indah dengan aneka bunga yang menghiasi disekitarnya. Pantai ini berada di dekat Ramayana Plaza Andalaz, Pasar Raya Padang dan dekat juga dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di sekitar pantai, kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan hingga seafood dengan rasa yang enak.

Ada pula Pantai Air Manis Batu Malin Kundang, Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih kalau orang Minang menyebutnya, berada di dekat pelabuhan teluk bayur. Disini kamu bisa bermain air ataupun berfoto – foto. Juga ada banyak penjual souvenir khas Pantai Aia Manih berupa batu Malin Kundang dan sebagainya. Dan yang terakhir adalah Objek Wisata Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan ini selalu ramai pada sore hingga malam hari, pemandangannya indah banget terutama di malam hari yang terang oleh lampu kota.

Jadi, buat kalian yang berencana liburan ke Sumatera Barat, jangan lupa mampir ke Janjang Koto Gadang dan sejumlah destinasi alam keren lainnya. Yuk, atur waktu yang tepat!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Melynda NA
01 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.