Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Sumur Lubang Buaya Pondok Gede
 

Berwisata Sambil Belajar Sejarah di Sumur Lubang Buaya Pondok Gede

Poin Ekstra

Kota Tua mungkin menjadi tempat berkumpulnya museum-museum bersejarah peninggalan jaman penjajahan. Tapi, Jakarta bukan punya museum lain yang memiliki nilai sejarah penting di ujung kota Jakarta Timur sana. Museum tersebut adalah "Lubang Buaya". Meskipun namanya bersangkutan dengan hewan yang hidup di dua alam, namun bukan berarti disana kalian akan bertemu dengan hewan-hewan tersebut. Melainkan sebuah lubang sumur tua yang merupakan tempat pembuangan 7 jendral korban Gerakan 30 September (G30S) PKI.

Related image google.com 

Sumur Lubang Buaya memang menjadi salah satu saksi bisu tragedi mengenaskan tersebut. Kala itu, tepat di tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965 terjadi tragedi pembunuhan terhadap para perwira TNI Angkatan Darat, yaitu Jendral Ahmad Yani, Jendral S. Parman, Jendral Suprapto, Jendral MT Haryono, Jendral Sutoyo Siswomiharjo, Jendral Donald Ifak Panjaitan dan Kapten Tendean. 7 Jendral tersebut menjadi korban penyiksaan keji oleh pemberontak PKI. Korban dibunuh lantas dimasukkan ke dalam sumur yang kini dijuluki dengan "Lubang Buaya". Tiga hari berselang, para korban berhasil ditemukan dan diangkat jenazahnya dari lubang kemudian dipindahkan, atau dimakamkan dengan layak di Taman Makam Pahlawan yang berlokasi di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Image result for diorama penyiksaan g30s pkigoogle.com 

Image result for diorama penyiksaan g30s pkigoogle.com 

Letak sumur ini masih satu kompleks dengan Monumen Pancasila Sakti, diameternya sekitar 75 sentimeter dengan kedalaman mencapai 12 meter saat para korban dibuang. Saat ini Sumur Lubang Buaya bukan hanya dikenal dengan cerita sejarahnya melainkan juga wisata ziarah-nya. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk berziarah serta mendoakan para pahlawan revolusi. Letak sumur ini berada di tiga bangunan yang jadi saksi bisu tragedi G30S yakni tempat penyiksaan, dapur umum dan pos komando. Interior bangunan tersebut juga masih dipertahankan layaknya saat tragedi G30S berlangsung. Pada bagian kanan dan kiri Sumur Lubang Buaya dilengkapi pagar pembatas.

Image result for diorama penyiksaan g30s pkigoogle.com 

Kawasan museumnya memang sangat besar, di halaman depannya terdapat air mancur rusak yang dikelilingi bundaran jauh lebih besar dari jalan utama. Semua jalanannya beraspal, kecuali lapangan rumput yang ada di antara Monumen Pancasila Sakti dan gedung utama. Lubang Buaya menjadi tempat favorit pengunjung, lubang ini berada di dalam paviliun bergaya Jawa dan memiliki prasasti marmer. Lampu merah yang menerangi bagian dalam lubangnya dimaksudkan untuk menambah suasana mencekam dan menyoroti bintik-bintik merah yang ada di dinding.

google.com 

Image result for diorama penyiksaan g30s pkigoogle.com 

Di samping paviliun ada pondok berisi diorama penyiksaan yang ukurannya sebesar manusia. Di dalamnya terdapat patung lilin orang komunis yang sedang menyiksa jendera, bahkan ada darah (yang terbuat dari lilin) mengalir dari dahinya dan ada patung lilin perempuan Gerwani, gerakan feminis yang berhubungan dengan PKI, yang sedang menari di antara lima tahanan. Jauh sebelum peringatan G30S PKI, wisata Lubang Buaya memang sudah sangat ramai pengunjung. Tiket masuknya sendiri dibanderol seharga Rp40 ribu per orang. So, buat kalian yang ingin berwisata sejarah, jangan lupa kunjungi Lubang Buaya di Kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
01 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah harga tiket masuk ke Lubang Buaya?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.