Alunan Musik Bambu Tara Ciptakan Rekor Muri dan Sukseskan Festival Morotai 2019
 

Alunan Musik Bambu Tara Ciptakan Rekor Muri dan Sukseskan Festival Morotai 2019

Poin Ekstra

Demi memperkenalkan keindahan panorama Indonesia di mata dunia beberapa event bertaraf internasional digelar, hal tersebut agar dapat menarik wisatawan sehingga berkunjung dan menjadi pengalaman baru bagi para turis asing. Salah satunya adalah Festival Morotai yang diselenggarakan di Daruba, ibu kota Kabupaten Pulau Morotai pada tanggal 2 - 8 Agustus 2019, banya atraksi yang dipersembahkan dalam festival tersebut seperti pertunjukan musik bambu tada yang diiringi tarian kolosal.

google.com

Kolaborasi musik Bambu Tada dan tari kolosal Porimori Morotai karya Eko Pece tampil dengan spektakuler, membuat mata yang melihat berdecak kagum seolah menunjukkan bahwa Morotai adalah bagian terindah dari lndonesia. Yang unik dari festival ini adalah suara Bambu Tada berkolaborsi dengan intrument musik lain seperti gitar, gamelan Jawa, dan kaste alat musik tradisional khas Morotai. Sehingga mampu membuat alunan musik yang khas serta enak di dengar ditelinga para pelancong yang datang pada festival tersebut.

Pertunjukan musik bambu tada yang dibawakan oleh sekitar 2.000 peserta juga berhasil memecahkan rekor MURI. Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, di Morotai, mengatakan sekitar 2.000 orang anggota masyarakat yang berasal dari berbagai kalangan dan usia berpartisipasi dalam pertunjukan tersebut.

google.com

“Bambu tada adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mengeluarkan bunyi-bunyian khas bambu. Cara mainnya dengan diketuk-ketukan ke tanah. Bambu tada berfungsi sebagai musik pengiring dan dimainkan bersama alat musik lain,” katanya.

Dalam rangka memecahkan rekor MURI, pemain bambu tada juga membentuk berbagai formasi menarik sambil memainkan alat musik itu. Untuk mencapai hasil yang baik, persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum pertunjukan. Meski cuaca saat itu tidak begitu bersahabat tidak membuat semangat para peserta menurun mereka tetap bersemangat memberikan penampilan terbaik dan menghibur para masyarakat yang datang. Hal ini tentunya memukau Menpar, Bupati Morotai, serta seluruh hadirin dan warga masyarakat.

google.com

"Terima kasih kepada para masyarakat yang mendukung penyelenggaraan Festival Morotai. Terutama pada para peserta bambu tada. Saya mengapresiasi semangat kalian yang luar biasa," kata Benny Laos.

“Festival Morotai menjadikan Morotai lebih dikenal dunia. Morotai akan terus berkembang dengan adanya penataan kawasan, pembangunan, infrastruktur, serta peningkatan SDM. Saya yakin event ini akan mempercepat perkembangan sektor Pariwisata Morotai,”.

Selain kolaborasi musik ada 550 penari dari berbagai kostum penuh warna yang mengikuti aktraksi kolosal Tari Porimori Morotai sehingga penampilan mereka memukau mata yang memandang tidak bosan melihatnya karena warna kostum tersebut sesuai dengan suasana dibibir pantai. Konsep tarian Porimori sendiri menggabungkan lima tarian tradisional Morotai. Seperti, Tari Cakalele, Soya-soya, Lalayon, Dana-dana dan Tari Musik Tada. Menjadi satu kesatuan pertunjukan yang menarik. Tidak hanya Tari Porimori Morotai saja yang ada juga tarian dari daerah lain tampil dalam Festival tersebut seperti tarian Jawa, tarian Papua, tarian Bugis, dan tarian Melayu. Tari- tarian ini menggambarkan beberapa suku yang ada di Morotai.

Image result for festival morotai 2019 google.com

Ketua Tim Pelaksana CoE Esthy Reko Astuty mengatakan Festival Morotai 2019 Land of Stories adalah pendatang baru di CoE Kementerian Pariwisata. “Ajang ini sangat sukses digelar. Meski tahun ini adalah tahun pertama masuk dalam CoE Kemenpar. Tetapi mampu menyedot pengunjung untuk datang dan saksikan Festival Morotai 2019,”.

Festival Morotai 2019 menginspirasi masyarakat lewat sejarah, tari dan musik. Beragam budaya dari seluruh Indonesia ada di sini. Rasa persatuan dan kesatuan dan nasionalisme di Morotai sangat kental, bahkan mendarah daging. Selain itu, untuk memajukan wisata Morotai, Menpar mendukung usulan Bupati Morotai agar membuka lima rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Morotai serta pengembangan kapasitas bandara untuk menampung lebih banyak wisatawan.

Image result for festival morotaigoogle.com

"Kementerian Pariwisata berkomitmen untuk mempromosikan potensi pariwisata Morotai di ajang bergengsi misalnya bursa promosi pariwisata bergengsi di luar negeri," tambahnya lagi.

Menpar AY juga mengapresiasi rencana Bupati untuk membangun Poltekpar Sahid dan berjanji mendukung pengembangan SDM melalui skema 3C, yaitu Curriculum berstandar global, Certification untuk keterbukaan peluang kerja di tingkat regional, dan Center of Excellence untuk pengembangan potensi wisata daerah.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
09 Aug 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah jumlah peserta yang tergabung dalam musik Bambu Tada?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.