6 Destinasi Wisata Riau yang Wajib Kamu Kunjungi
 

6 Destinasi Wisata Riau yang Wajib Kamu Kunjungi

Poin Ekstra

Riau, wilayah bagian tengah pulau sumatera atau yang biasa disingkat menjadi sumbagteng (sumatera bagian tengah) memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik. Selain dikenal dengan kota bisnis, Riau memiliki tempat liburan yang seru jika ingin menikmati suasana yang berbeda ataupun mencari tempat wisata baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Image result for riaudetikNews.com

Tidak hanya provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan bagian wilayah lainnya yang menawarkan tempat rekreasi liburan. Riau juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang mungkin tidak tersorot media belakangan ini. Beberapa waktu lalu, Riau dikabarkan mengalami bencana kabut asap yang tentunya menyita perhatian seluruh masyarakat, bahkan sampai ke negeri tetangga yaitu Malaysia juga terkena dampak kabut asap. Hingga beberapa orang takut untuk menjadikan Riau sebagai salah satu tempat wisata untuk berlibur, padahal Riau juga menyimpan keindahan alam yang indah dan memanjakan mata.

Seperti apa tempat rekreasi liburan di Riau yang masuk dalam list liburan kamu? Berikut kami berikan 6 diantaranya

1. Candi Muara Takus

http://www.gosumatra.com/wp-content/uploads/2014/03/candi-muara-takus-riau.jpggosumatra.com

Beberapa masyarakat Sumatera sudah merasa tidak asing lagi dengan candi muara takus, objek terkenal yang satu ini banyak dikenali bahkan sampai ke mancanegara. Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan agama Budha satu-satunya di Riau. Destinasi wisata ini terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

2. Istana Siak Sri Indrapura

http://www.gosumatra.com/wp-content/uploads/2014/03/kerajaan-siak-sri-indrapura-riau-583x250.jpggosumatra.com

Riau memiliki beberapa istana peninggalan kerajaan tempo dulu, salah satunya Istana Siak Sri Indrapura. Dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Memiliki bangunan bergaya megah dengan arsitektur Eropa, Arab dan melayu. Didalamnya terdapat berbagai koleksi peninggalan kerajaan yang tentunya wajib kamu kunjungi.

3. Air Terjun Pangkalan Kapas, Lubuk Bigau

https://storage.trubus.id/storage/app/public/posts/t20181201/big_545ee3ad9c5f17b4c82d0e4d9f888fcfe615dbf5.jpgtrubus.id

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Riau juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat indah. Salah satunya Air Terjun Pangkalan Kapas. Air terjun ini terletak di Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau. Air terjun ini juga merupakan air terjun tertinggi kelima di Indonesia.

4. Sungai Bono

https://asset.kompas.com/crops/VA61D-4i037e2J9EH28yattINVM=/0x0:0x0/2016x/data/photo/2016/03/14/125134620160312sah-bono-7-780x390.jpgkompas.com

Bagi para peselancar mungkin mendengar sungai bono sudah tidak asing lagi, sungai yang menawarkan destinasi wisata bagi para peselancar. Tidak hanya dipantai, tetapi sungai ini juga bisa menjadi wahana berselancar bagi kamu yang menyukainya. Bono ini memiliki gelombang yang memiliki kecepatan 40 kilometer per jam. Lokasinya ada di desa Teluk Meranti, kabupaten Meranti.

5. Teluk Rhu Rupat

https://media.travelingyuk.com/unggah/2019/02/IMG_20180505_141559_5427.jpgtravelingyuk.com

Riau juga memiliki wisata pantai, yaitu di teluk Rhu Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Akses lokasi yang cukup mudah, dan untuk masuk tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena masih digratiskan. Wisata pantai ini bisa langsung berinteraksi dengan para nelayan dipinggir pantai dan bebas bermain di area pantai.

6. Ulu Kasok

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2018/06/25/03902474-66f2-4522-acaa-fc42296753d9.jpeg?a=1

Selain wisata diatas, Riau masih banyak memiliki destinasi wisata yang tak kalah indahnya, ada Ulu kasok yaitu pulau-pulau kecil yang tersusun rapi layaknya Raja Ampat dan masyarakat sekitar juga menamai destinasi tersebut dengan sebuatn Raja Ampatnya Riau. Karena gugusan-gugusan pulau yang berada di tengah sungai layaknya Raja Ampat di Papua. Ulu Kasok terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Itulah beberapa destinasi wisata yang berada di Riau. Selain destinasi diatas, terdapat banyak destinasi wisata Riau yang mungkin bisa kamu explore sendiri. Ayo berkunjung ke Riau.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
09 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Istana Siak Sri Indrapura dibangun oleh?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.