Alasan Kamu Wajib Belanja Skin Care Saat Liburan ke Luar Negeri
 

Alasan Kamu Wajib Belanja Skin Care Saat Liburan ke Luar Negeri

Belanja Skin Care/ Foto: Asianet.id

Poin Ekstra

Seringkali wanita merasa tergiur dengan produk skin care atau kosmetik merek luar negeri yang peredarannya belum sampai di Indonesia. Namun tidak jarang pula saat belanja online kosmetik dari luar negeri seperti dipersulit pada saat proses pengirimannya.

Apabila sejauh ini kamu merasa aman-aman saja berbelanja produk skincare maupun kosmetik dari toko online, beberapa Beauty Influencer sempat mengeluhkan adanya kendala dalam proses pengiriman produk yang mereka pesan.

Pasalnya, produk skincare dan kosmetik yang tidak dijual di Indonesia harus dikirim dari luar negeri alias impor. Berikut adalah beberapa saran dari para Beauty Influencer bagi kamu yang pernah merasa dipersulit pada saat berbelanja kosmetik dari luar negeri:

Diskon yang ditawarkan tidak menjamin harga produk menjadi lebih murah. Apabila kosmetik yang diinginkan tidak dijual di Indonesia dan harus membelinya dari toko luar negeri, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah biaya pengirimannya.

Hasil gambar untuk belanja skin care di jepangBelanja skin care di Jepang/ Foto: airfrov.com

Perhitungan biayanya secara umum: harga barang + biaya pengiriman dari luar negeri ke Indonesia + bea cukai + biaya kirim dari pihak perantara ke alamat kamu (kalau barang tidak diambil sendiri) + fee perantara.

Biasanya, toko online menawarkan diskon produk hingga 30% namun jika pembelian produk hanya sedikit tentunya biaya pengiriman yang ditanggung menjadi lebih mahal.

Term & condition yang berlaku pada setiap jasa pengiriman berbeda-beda. Beberapa toko kosmetik online yang menjual produk kosmetik luar negeri selalu mencantumkan syarat dan ketentuan pengiriman dengan jelas. Oleh karena itu pastikanlah estimasi kedatangan barang dan cek perkembangan status pengiriman barang Kamu.

Kendala yang seringkali terjadi apabila barang tidak kunjung sampai melebihi tanggal estimasi kedatangan. Dari kurir luar negeri, produk yang dipesan akan sampai ke Indonesia melalui Bea Cukai atau Pos sebelum diserahkan kepada kurir domestik.

Hasil gambar untuk belanja skin care di jepangSkin care di Jepang/ Foto: kawaiibeautyjapan.com

Disinilah kendala seringkali muncul karena ternyata Pemerintah membatasi adanya pembelian produk kecantikan/kosmetik, obat-obatan, dan makanan olahan dari luar negeri.

Ada ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia tentang impor produk kecantikan. Berdasarkan Surat Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen nomor ST.05.03.43.01.14 tanggal 13 Januari 2014 perihal Pemasukan Kosmetik untuk Kepentingan Pribadi menyatakan bahwa:

Badan POM tidak menerbitkan Izin SAS (Special Access Scheme) untuk kosmetik dengan tujuan pemakaian sendiri/ pribadi. Kosmetik hanya bisa diimpor oleh Importir yang telah memiliki ijin edar.

Artinya, pembelian produk kosmetik untuk pemakaian pribadi dalam jumlah sedikit seringkali menjadi kendala akibat distiributor luar negeri yang tidak memiliki ijin edar. Pada intinya, belanja kosmetik dari luar negeri tidak dipersulit apabila toko online selaku importir telah memiliki ijin edar.

Hasil gambar untuk belanja skin care di jepangSephora/ Foto: ipricegroup.com

Untuk memastikannya, Kamu dapat meminta nomor resi sehingga pihak Pos atau jasa pengiriman domestik dapat lebih mudah melacak dan mengantar produk Kamu sampai tujuan.

Nah, jika kamu sedang berlibur ke luar negeri, sebaiknya manfaatkan kesempatan untuk belanja produk skincare tersebut. Harganya pun bisa jauh lebih murah daripada belanja online di Indonesia. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
02 Dec 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah toko kecantikan Sephora berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.