Selain Hollywood dan Bollywood Ternyata Ada Banyak Nama Industri Film di Dunia
 

Selain Hollywood dan Bollywood Ternyata Ada Banyak Nama Industri Film di Dunia

Industri film Bollywood/ Foto: lithub.com

Poin Ekstra

Industri perfilman seperti Hollywood dan Bollywood memang cukup dikenal masyarakat. Hollywood merupakan industri film besar asal AS yang berpusat di Los Angeles. Bollywood sendiri industri film yang berkembang di India.

Selain dua industri film tersebut ternyata ada industri film lainnya. Uniknya industri film ini juga menyematkan akhiran nama Wood dibelakang nama mereka. Penasaran kan industri apa sajakah itu? Cek selengkapnya dibawah ini!

Lollywood

Lollywood/ Foto: bestechome.com

Lollywood merupakan industri film asal Pakistan yang sudah ada sejak 1929. Sejak kurun waktu 1929 – 2007 pusat industri film ini berada di Lahore.

Film-film hasil produksinya biasa menggunakan bahasa Punjabi atau Urdu. Kira-kira ada 161 film yang dihasilkan hingga 2018 lalu dari Lollywood.

Lollywood mulai sangat berjaya pada tahun 1959-1977 dimana banyak film dihasilkan. Biarpun begitu pada 1990-2002 industri film ini juga pernah mengalami kebangkrutan. Saking bangkrutnya bahkan hanya 11 film yang bisa dilanjutkan produksinya dari 100 film yang dicanangkan.

Lollywood kemudian diambil alih oleh perfilman kota Karachi. Kini Lollywood juga dikenal dengan julukan Kariwood.

Wellywood

Wllywood/ Foto: newshub.co.nz

Wellywood merupakan nama lain dari kota Wellington yang ada di Selandia Baru. Dulunya bandara Wellington bahkan pernah menggunakan nama ini pada 2010 silam.

Sayangnya kemudian nama ini diganti dengan Wellington. Wellywood sendiri merujuk ke produksi film yang kebanyakan menggunakan Selandia Baru sebagai setting tempatnya.

Film karya sutradara Sir Peter Jackson misalnya menjadi salah satu kebanggaan Wellywood. Ia merupakan sosok dibalik keberhasilan film The Lord of the Ring adaptasi dari buku J.R.R Tolkien.

Tangkiwood

Tangkiwood/ Foto: tirto.id

Tahukan kamu jika Jakarta Utara dulu punya julukan Tangkiwood. Hal ini dilatar belakangi kampung Tangki yang ada di kawasan ini. Kampung Tangki dulunya pada 1930-an dihuni oleh sejumlah aktor teater Lokasari.

Teater ini begitu aktif sehingga sangat berjaya di zamannya. Salah satu aktor dan masih bertahan di tempat ini ialah mendiang Laila Sari. Sayang kini Tangkiwood sudah meredup dan tak terdengar lagi gaungnya.

Selain nama diatas ada pula Ugawood yang merujuk pada industri film Uganda. Nollywood yang berasal dari industri  film Nigeria.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
13 Jan 2020

20 Poin Ekstra
Pada tahun berapakah Kampung Tangki mendulang kepopulerannya?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.