Sebelum Ajak Anak Nonton, Kenali Dulu Istilah Rating Pada Film
 

Sebelum Ajak Anak Nonton, Kenali Dulu Istilah Rating Pada Film

Poin Ekstra

Mengajak anak nonton film di bioskop memang tidak ada larangannya. Biarpun begitu anda harus ingat untuk memilah-milah tontonan seperti apa yang layak untuk buah hati. Sebenarnya pemerintah sendiri sudah membantu memberikan solusi atas masalah ini. Saat ini setiap film memiliki rating yang mana menentukan golongan usia penontonnya. Sayangnya masih banyak yang kurang paham akan rating tersebut.

Rating Berdasarkan UU Perfilman

https://wexnermedical.osu.edu/-/media/images/wexnermedical/blog/2018-stories/10/scary--movies/scary_movie_blog_large.jpg?la=en&hash=2CB15D2A1B606FD5ACAC082088DC0897F030A2ABwexnermedical.osu.edu

Indonesia memiliki 4 golongan rating untuk film atau sinetron yang ditampilkan ke layar kaca. Rating ini berdasarkan undang-undang No.33 tahun 2009 pada pasal 7. 4 rating yang dimaksud diantaranya ialah sebagai berikut :

a. SU singkatan untuk semua umur. Film dengan rating ini bisa ditonton siapa saja mulai dari anak-anak hingga kalangan dewasa

b. R memiliki kepanjangan untuk remaja. Rating ini untuk mereka penonton usia 13 tahun keatas

c. RBO merupakan remaja – bimbingan orang tua. Seperti namanya rating ini diperuntukkan untuk film yang mengandung hal-hal berbau kekerasan, seks maupun hal dewasa. RBO masih diperkenankan ditonton oleh remaja berumur 17 tahun keatas namun dibawah bimbingan orang tua.

d. D adalah singkatan untuk dewasa. Film dengan rating ini diperuntukan untuk kalangan usia 21 tahun keatas. Rating ini diberikan untuk film yang mengandung hal-hal dewasa yang jauh lebih parah ketimbang RBO. Misalnya saja film yang mengandung kekerasan hingga gore.

Rating Berdasarkan MPAA

https://cdnx2.kincir.com/production/2019-08/thumbnail_600/9d809f2f782afd9ad57b7f378dcdc9c114d964c3.jpgkincir.com

Selain rating dari pemerintah ada pula rating MPAA atau Motion Picture Association of America. Rating MPAA biasa dipakai untuk film Hollywood yang digunakan pula di seluruh dunia. Ada 5 jenis rating yang dikenakan pada film diantaranya adalah :

1. G / General Audience

Film dengan rating ini bisa ditonton oleh semua kalangan karena tidak mengandung hal dewasa. Contoh dari film ini ialah Finding Nemo atau Up.

2. PG / Parental Guidance Suggested

Film ini bisa disaksikan oleh semua anak namun harus didampingi oleh orang tua. Hal ini dikarenakan film mengandung candaan yang bisa disalahartikan maupun ejekan.

3. PG – 13 / Parental Guidance Under 13 Years Old

Tayangan dengan rating ini tidak disarankan untuk ditonton oleh anak dibawah 13 tahun kebawah.

4. R / Restricted

Film ini tidak layak ditonton untuk penonton usia 17 tahun kebawah. Umumnya film dengan rating ini berisi unsur kekerasan hingga adegan dewasa. Contoh film dengan rating ini ialah Joker.

5. NC-17 / No One and Under Admitted

Film dengan rating ini tergolong ekstrim sehingga tidak disarankan ditonton oleh orang dewasa yang memiliki kondisi psikologis yang buruk.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
16 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Rating apakah yang cocok untuk film semua kalangan menurut MPAA?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.