Deretan Film Populer Indonesia yang diadaptasi dari Novel
 

Deretan Film Populer Indonesia yang diadaptasi dari Novel

Poin Ekstra

Dunia perfilman Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Bioskop semakin ramai pengunjung. Bukan hanya meminati film luar negeri, para pengunjung juga sangat antusias dengan film buatan negeri sendiri. Mulai dari horror, romance, hingga action, film Indonesia bisa meraup jutaan penonton.

Dan ternyata, ada banyak sekali film populer Indonesia yang diangkat dari novel ternama dan sangat laku di pasaran. Tentu saja film ini tidak membutuhkan promosi panjang lagi. Karena novelnya saja sudah terkenal dan membuat pembacanya ingin menikmatinya dalam bentuk film. Lalu, film apa saja yang ternyata diadopsi dari novel? Berikut adalah 5 film populer Indonesia yang diadaptasi dari novel.

1. Dilan 1990 (2018)

Image result for dilan 1990tirto.id

Siapa yang tidak kenal dengan film ini? Bahkan, karena kepopuleran sosok Dilan, jaket denim kembali menjadi trend dan gombalan khas Dilan sering dijadikan lelucon. Dan mungkin kamu juga suda tahu, bahwa film ini diangkat dari novel berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq.

Sebelum menjadi sebuah film, novel Dilan 1990 memang sudah sangat laku di pasaran. Kisah cinta SMA Dilan dan Milea pada tahun 1990 berhasil membuat para pembacanya baper. Gombalan khas Dilan benar-benar menjadi sesuatu yang baru dalam cerita fiksi percintaan sekolah. Selain itu, konflik yang ada dalam novel ini juga sangat menarik.

Film ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai Dilan dan Milea. Film ini disutradarai oleh Pidi Baiq dan Fajar Bustomi dan berhasil mendapatkan berbagai penghargaan. Iqbal dan Vanesha berhasil menjadi pemenang kategori Pemeran Pasangan Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2018 silam. Padahal ini adalah film pertama yang dimainkan Vanesha dan langsung menjadi tokoh utama. Dilan 1990 berhasil menjual 6 juta lebih tiket di bioskop seluruh indonesia. Wow!

2. Dear Nathan (2017)

https://2.bp.blogspot.com/-KCodP7aBbtg/WNYCLT-pRLI/AAAAAAAAZI8/TAEw5BKDZVgCNzVvy2XRNB3xYTdk1ilwACLcB/s1600/dn.jpgblogspot.com

Masih dengan tema yang sama yaitu percintaan di masa SMA, Dear Nathan juga diangkat dari novel dengan judul yang sama. Novel Dear Nathan ditulis oleh Erisca Febriani yang bermula di Wattpad. Erisca sendiri tidak menyangka bahwa tulisan pertamanya bisa menjadi trending di Wattpad hingga diterbitkan, bahkan difilmkan.

Dear Nathan mengisahkan kisah cinta antara Nathan si bad boy sekolahan, dan Salma, siswi pindahan yang sangat cerdas. Pertemuan mereka bermula saat Salma terlambat datang upacara dan Nathan membantunya melompati pagar supaya tidak dihukum. Dan akhirnya, Salma tahu bahwa Nathan adalah murid yang terkenal nakal. Namun, ada sesuatu yang membuat Salma tertarik. Salma merasa bahwa Nathan tidak seburuk yang orang lain kira. Dan Salma adalah cinta pertama Nathan. Sosok Nathan diperankan oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles sebagai Salma.

Hingga saat ini, cerita Dear Nathan sudah 33 juta kali dibaca di Wattpad dan menjadi best seller di beberapa toko buku di seluruh Indonesia. Film produksi Rapi Films ini berhasil meraup lebih dari 700 ribu penonton.

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk (2013)

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/3b/138433067832699_300x430.jpg/220px-138433067832699_300x430.jpgwikimedia.org

Berbeda dari Dilan 1990 dan Dear Nathan, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk menceritakan kisah cinta berlatar tahun 1930an. Tentu saja latar tahun yang begitu lampau menyajikan cerita cinta yang tidak terlepas dari adat istiadat. Film ini menyuguhkan adat istiadat Minangkabau yang masih sangat kental dan berhasil membawa penontonnya kembali ke tahun 1930. Dan ternyata, film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Buya Hamka.

Film ini menceritakan kisah cinta Hayati dan Zainuddin yang berakhir tragis karena perbedaan latar belakang sosial dan perbedaan darah. Zainuddin yang sebatang kara dianggap tidak memiliki darah Minangkabau tulen. Karena Ibunya seorang Bugis dan Ayahnya seorang minangkabau. Adat Minang yang bernasabkan Ibu membuat Zainuddin tidak mewarisi darah Minangkabau. Akhirnya Hayati yang sebenarnya mencintai Zainuddin harus menikah dengan Aziz, darah biru di daerahnya.

Zainuddin diperankan oleh Herjunot Ali, dan Pevita Pearce sebagai Hayati. Film ini menjadi film termahal yang pernah diproduksi oleh Soraya Intercine Films. Proses produksinya sendiri menghabiskan waktu selama lima tahun, dan penulisan skenarionya dilakukan selama dua tahun. Namun film ini membuahkan hasil maksimal dengan meraup 1,3 juta penonton pada 2013.

4. Laskar Pelangi (2008)

https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1535709407/Apa_Kabar_Para_Pemain_Film_Laskar_Pelangi_jagg2w.jpgkumparan.com

Laskar Pelangi adalah salah satu film terpopuler di tanah air. Film ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Berbeda dengan ketiga film di atas, Laskar Pelangi bercerita tentang 12 anak Belitung yang belajar di sebuah sekolah yang hampir roboh. Kehidupan yang miskin juga menjadi tantangan bagi Ikal dan teman-temannya. Film ini juga menceritakan tentang cerdasnya seorang Lintang.

Laskar Pelangi disutradarai Riri Riza dengan produser Mira Lesmana. Sedangkan pemeran Laskar Pelangi diperankan oleh 12 anak-anak Belitung asli yang memiliki bakat akting. Laskar Pelangi tentu saja sangat layak ditonton karena jalan ceritanya yang tidak biasa. Wajar saja jika film dan novel Laskar Pelangi sangat sukses. Bahkan film ini berhasil menjual 4,6 juta tiket di bioskop seluruh Indonesia.

Ternyata, film-film yang diangkat dari novel sangat populer dan layak untuk kamu tonton. Penulis dan Sutradara Indonesia memang sangat hebat dan semakin berkualitas. Perfilman Indonesia akan semakin ramai dari tahun ke tahun dengan kerja sama penulis dan sutradara.
Bagaimana? Kamu sudah baca novel atau nonton keempat film di atas, belum?

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Anggia
17 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Pada tahun berapa film Laskar Pelangi di angkat ke layar lebar?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.