Bioskop vs Platform Streaming Online, Siapa Pemenangnya?
 

Bioskop vs Platform Streaming Online, Siapa Pemenangnya?

Poin Ekstra

Perfilman layar lebar mulai ramai peminatnya pada tahun 1900. Pertama kali didirikan di Amerika Serikat untuk mengakomodasi karya para sineas dan mendistribusikan. Sayangnya satu abad setelahnya industri ini terancam eksistensinya.

Pembajakan Karya

Image result for pembajakan karya filmantaranews.com

Pembajakan film sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat. Banyak dari mereka mendapatkan asupan film melalui situs-situs ilegal. Berbagai resolusi film dapat diperoleh dengan mudah dalam waktu relatif singkat seusai tayang di bioskop.

Jangka waktu tercepat pembajakan ini biasanya seminggu. Para admin situs sudah mendapatkan karya bajakan para sineas dalam bentuk HDTS (kualitas jelek dari rekaman kamera) sedangkan web-dl atau HD-Rip bisa sebulan sampai 3 bulan.

Bisnis film bajakan ini menggiurkan beberapa kalangan. Uang akan langsung mengalir ke rekening dari setiap tautan yang di klik oleh pengunjung situs.  Pada satu sisi membuka lapangan kerja tapi tetap saja merupakan suatu bentuk kriminalitas yang menurunkan pendapatan bioskop.

Berbagai Platform Streaming Bermunculan

Image result for netflixmondaymag.com

Netflix, Ilfix, Viu atau Hooq merupakan platform streaming populer di Indonesia dan dunia. Film sendiri masih menjadi sarana pelepas stres seusai berkutat dengan pekerjaan. Para pengguna saluran streaming ini mengatakan bahwa kemudahan dalam akses film dimanapun menjadikan platform streaming semakin berkembang peminatnya.

Alasan lain yang menjadikan platform ini cukup sukses adalah adanya menu pengulangan film tanpa harus membeli tiket lagi. User hanya perlu berlangganan selama sebulan dan menikmati film secara berulang-ulang tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Win win solution.

Munculnya berbagai Spin-Off

Spin off berbagai franchise film merupakan salah satu alternatif untuk tetap mendapatkan penonton pada bioskop. Rumah-rumah produksi melihat ini sebagai peluang mendapatkan keuntungan. Kecenderungan penonton untuk mengetahui lebih jauh mengenai tokoh-tokoh di dalam film merupakan nilai plus dalam memasarkan karya sineas ini.

Image result for spinoff filmsyfy.com

Tengok saja antusias para penonton melihat film Joker. Salah satu tokoh yang ada dalam dunia film Batman. Peluang menjadikannya pemain utama tidak salah malah memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Walupun teknologi sudah maju dan muncul banyak aplikasi streaming online nyatanya banyak yang masih menantikan penayangan di bioskop. Biasanya mereka yang menantikan karena penasaran dan ingin menjadi yang pertama dalam menonton.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Melynda NA
09 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan salah satu platform streaming resmi di bawah ini?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.