Film Iqro My Universe mengajak anak bangsa untuk mewujudkan mimpi
 

Film Iqro My Universe mengajak anak bangsa untuk mewujudkan mimpi

Poin Ekstra

sukses dengan penayangan Iqro - Petualangan Meraih Bintang pada 2017 silam, kini Yayasan Pembina Masjid Salman ITB bersama Salman Film Academy didukung Bumi Prasidi Bi-Epsi dan Mitra Andalas Visual kembali menggarap film sekuelnya bertajuk Iqro - My Universe. proyek film anak yang telah digarap kurang lebih lima tahun terakhir ini merupakan bentuk upaya untuk menginspirasi anak-anak dan masyarakat di Indonesia.

Film ini juga menyajikan sebuah dakwah tapi bukan hanya sekedar dakwah  karena penggarapan film ini berangkat dari pemikiran rasional. Jadi film ini tidak hanya kami tunjukan untuk umat Muslim saja, tetapi seluruh masyarakat Indonesia.

Film ini konsisten dengan mengkedepankan al-quran dan ilmu pengetahuuan. My Universe berkisah tentang impian Aqilla (Aisha Nurra Datau) menjadi seorang astronot. Ia akan mengikuti lomba video blog (vlog) yang membawanya terbang ke Inggris untuk berkunjung ke pusat penelitian luar angkasa.

Latar tempat pengambilan gambar untuk cerita Iqro: My Universe ini dilakukan di dua negara. Salah satunya di Inggris tepatnya di Leicester dan London serta di Indonesia tepatnya di Jakarta, Bogor, dan Siak di Kepulauan Riau. Tidak hanya itu Penonton akan bisa menikmati visual yang belum pernah ada di film-film Indonesia lainnya. Ditambah adanya gambar-gambar animasi yang khusus dibuat untuk meningkatkan imajinasi anak-anak dan theme song yang dibuat khusus oleh Dwiki Dharmawan.

Sutradara iqbal alfajri tujuan film ini mengajarkan dan menyadarkan kaum milenial harus tetap bermimpi dan mengapai mimpi besarnya dalam hidup. Film iqro ini dari sekedar mimpi kita bisa menyebarkan mimpi yang tinggi ke pada generasi anak-anak bahwa di era sekarang jarang anak-anak yang sudah pupus dengan mimpi besarnya seperti punya mimpin ingin menjadi astronot atau profesor pengetahuan. hal tersebut film ini memberikan motivasi kepada anak-anak untuk tetap melanjutkan mimpi mereka menjadi kenyataan dalam hidup seperti aqilla pemeran utama dari film ini.

Profesi astronot kini jarang diimpikan oleh anak-anak zaman sekarang karena dianggap mustahil. Dalam film Iqro - My Universe, sang sutradara ingin mematahkan stigma bahwa tidak ada salahnya untuk bermimpi, sekalipun itu sulit diraih. “Anak muda dengan bangsa yang besar ini harus punya kebangga. Kita coba lalui film. Alam bawah sadar anak diingitalan kembali, harus berani dan berjuang meraih itu semua,” terang Iqbal.

Dalam film ini artis lokal dan luar ikut serta seperti Aktris Maudy Koesnaedi  turut berperan sebagai Ibu Tsurayya, seorang astronot perempuan pertama di Indonesia. Perempuan kelahiran 1975 ini senang memerankan karakter yang belum pernah ia perankan sebelumnya.

Selain Aisha dan Maudy, film ini juga dibintangi oleh aktor Cok Simbara, Mike Lucock, Raihan Khan, Astri Ivo, Ellize Christine, Ben Kasyafani, Adhitya Putri, Mario Irwinsyah, Meriam Bellina, Rony Dozer, dan Adityawarman. Juga akan ada penampilan khusus dari astronot wanita pertama Indonesia, Pratiwi Sudarmono.

Ditambah penampilan khusus yaitu harris J yang ikut dalam film ini eorang musisi muda Muslim dari Inggris yang lagu-lagunya sangat hits di youtube dan sudah beberapa kali menggelar konser di Indonesia. Selain itu Muzammil Hasballah, Imam Muda dan pelantun ayat-ayat Al Qur'an yang sudah sangat dikenal dengan alunan suaranya yang indah ikut bermain di film ini.

Sinopsis film IQRO MY UNIVERSE

Aqilla memiliki cita-cita untuk menjadi Astronot, Opanya yang seorang  Astronom adalah orang yang sangat dia kagumi. Aqilla banyak belajar dan  bertanya pada Opa, yang saat ini menjabat di Planetarium Jakarta. Hampir  setiap hari Aqilla mendatangi Opa di Planetarium untuk berbincang dan  ‘curhat’ karena Mamanya baru melahirkan seorang adik untuk Aqilla sehingga  waktu Mama dan Papa banyak tersita untuk mengurus adiknya.

Hobi Aqilla dalam hal angkasa luar membuatnya bersaing dengan June,  teman sekolahnya, seorang murid pindahan dari Inggris yang juga memiliki minat yang sama, sampai akhirnya mereka berkompetisi untuk membuat Vlog  (video blog) tentang orang-orang yang berjasa/berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan khususnya angkasa luar dengan hadiah berkunjung ke Pusat Pelatihan Astronot.

Tentu saya Aqilla langsung terpikir untuk mengangkat Opa yang dikaguminya  dalam Vlog yang akan dia ajukan untuk kompetisi, tapi tanpa sepengetahuan Aqilla, Opa telah memutuskan untuk menerima permintaan ke Inggris untuk membantu sebuah penelitian di sana.  Seluruh keluarga sengaja merahasiakan ke Aqilla karena tahu Aqilla pasti tidak bisa menerima kepergian Opa. Begitu kecewanya Aqilla ketika tahu Opa  memilih berangkat ke Inggris tanpa sepengetahuannya.

 

Ramadhan pun datang…

 

Opa harus menghadapi puasa di Inggris yang cukup berat karena panjangnya waktu puasa. Oma belum bisa berangkat menemaninya, sehingga Opa harus menyiapkan makanan sahur dan berbuka sendiri, dalam udara dingin namun tetap menjalankan Ibadah dengan sebaik-baiknya. Ketika sebuah isu tentang sampah antariksa muncul dan Indonesia membutuhkannya kembali ke negaranya, Opa harus membuat sebuah keputusan yang terbaik untuk diri, keluarga dan negaranya.

Kak Raudhah, guru mengaji Aqilla yang sudah tinggal di Jakarta memberikan sebuah buku kepada Aqilla tentang Ibu Tsurayya, seorang Astronot Indonesia yang sedang melakukan penelitian tanaman untuk dikirim ke ruang angkasa.  Aqilla langsung tertarik dengan Ibu Tsurayya dan berusaha keras untuk  bertemu dengan Ibu Tsurayya sekaligus memintanya untuk menjadi bagian dari Vlog yang akan diikutsertakan dalam kompetisi. Awalnya Bu Tsurayya menolak tapi karena kegigihan Aqilla, dia pun bersedia.

Fauzi teman Aqilla di Lembang sedang berupaya untuk bisa mendapatkan beasiswa di sebuah Pesantren di Jakarta, sementara ayah Fauzi, Bang Codet yang berusaha mencari kerja di Jakarta malah terseret dalam sebuah rencana pencurian.

 

Bagaimanakah Aqilla, Opa, Fauzi dan Bang Codet menghadapi situasi bimbang yang mengharuskan mereka untuk memilih jalan yang harus ditempuh? Apakah Aqilla berhasil memenangkan kompetisi dan berangkat ke Inggis? Pada akhirnya mereka harus mengikuti hati nurani mereka, dalam menjawab: apakah keputusan yang diambil adalah yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain?

 

Allah SWT membolehkan setiap manusia untuk mempunyai mimpi setinggi langit tapi harus tetap ingat dari mana manusia berasal. Seperti mimpi Aqilla untuk tinggal di planet lain, dia pun diingatkan: Apakah manusia sudah cukup dalam menjaga bumi dengan segala isinya yang telah disediakan oleh Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan seluruh makhluk ciptaan-Nya?

So buat seluruh masyakakat indonesia tungguin terus perdana tayangan film iqro my universe 11 juli 2019 di bioskop luangkan waktu kalian.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Kaira Wu
24 Jun 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah sutradara film Iqro - My Universe?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.