Kim Ji Young, Born 1982 Rajai Box Office Korea Selatan
 

Kim Ji Young, Born 1982 Rajai Box Office Korea Selatan

Kim Ji Young, Born 1982/ Foto: Kanal247.com

Poin Ekstra

Film Kim Ji Young, Born 1982 sudah ramai dibicarakan karena berbagai kontroversinya. Namun setelah tayang, film Kim Ji Young, Born 1982 masih setia bertengger di posisi puncak Box Office Korea Selatan mengalahkan Joker dan Maleficent. Film yang diperankan oleh aktor tampan Gong Yoo ini tayang perdana pada 23 Oktober 2019. 

Kim Ji Young menceritakan perjalanan hidup seorang wnaita bernama Kim Ji Young yang sering mendapatkan perlakuan seksisme sejak ia remaja. Mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, hingga lingkungan kerjanya selalu memperlakukannya berbeda karena Ia seorang wanita. Hal ini membuatnya depresi. Mengapa film ini mengundang kontroversi?

Kim Ji Young, Born 1982 dinilai sebagai bentuk perjuangan feminisme yang merupakan isu sensitif di Korea Selatan. Korea adalah salah satu negara yang masih kuat patriarkinya. Untuk mengulas lebih jelas lagi film yang merajai Box Office Korea ini, berikut sederet fakta menarik Kim Ji Young, Born 1982.

1. Diadaptasi dari Novel Best Seller

Kim Ji Young, Born 1982/ Foto: Amazon.com

Ternyata sebelum terkenal dalam bentuk film, novel Kim Ji Young, Born 1982 sudah sangat populer bukan hanya di Korea Selatan, tapi mancanegara. Novel ini ditulis oleh Cho Nam-ju yang terbit pada 14 Oktober tiga tahun silam dan diterjemahkan ke 16 bahasa. Yaitu Inggris, Prancis, Italia, dll. 

Novel fiksi ini telah dinobatkan sebagai buku fiksi terlaris sepanjang masa di Korea Selatan, menggeser posisi Please Look After Mom tahun 2009 karya Shin Kyung Sook. Kim Ji Young, Born 1982 telah terjual sebanyak lebih dari 1 juta kopi. Isi dari novel ini tak jauh berbeda dari filmnya, yaitu menceritakan kehidupan Kim Ji Young memajukan dirinya sebagai seorang perempuan. 

Beberapa idol Korea Selatan juga membaca buku ini dan menyarankan para fansnya untuk membaca juga. Seperti Irene Red Velvet, Sooyoung SNSD, dan RM BTS. Bahkan Irene sempat dibully karena ketahuan membaca novel ini. Ia dianggap salah satu pendukung feminisme yang tidak disetujui sebagian besar masyarakat Korea. Meskipun begitu, nyatanya novel ini sangat laris, ya.

2. Comeback Gong Yoo

Gong Yoo/ Foto: Amazonaws.com

Setelah vakum dari dunia entertainment, Gong Yoo akhirnya kembali muncul di film Kim Ji Young, Born 1982. Gong Yoo terakhir kali muncul di drama Goblin, film A Man and A Woman, dan Train to Busan pada 2016 lalu. 

3. Film Ketiga yang Dibintangi Gong Yoo Bersama Jung Yu Mi

Jung Yu Mi/ Foto: Grid.id

Jung Yu Mi adalah aktris yang dipercaya memerankan tokoh utama Kim Ji Young. Dan film ini adalah film ketiga Jung Yu Mi beradu akting dengan Gong Yoo setelah Silenced (2011) dan Train to Busan (2016).

Di film Kim Ji Young, Born 1982 keduanya dipasangkan menjadi suami istri. Dan gosipnya, keduanya pernah dikabarkan akan segera menikah. Pasti sudah tidak sulit bagi Gong Yoo dan Jung Yu Mi membangun chemistry, bukan?

4. Bertema Feminisme dan Kesehatan Mental

Kim Ji Young/ Foto: bbci.co.uk

Hal inilah yang membuat film ini cukup kontroversial. Selain bertema feminisme, film ini juga mengangkat tema kesehatan mental. Di film ini, tokoh utama Kim Ji Young akan mengalami depresi karena berbagai perlakuan dan tekanan yang dihadapinya. Negara Korea memang dikenal sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak yang mengidap masalah mental seperti depresi. Jadi, film ini sangat cocok ditonton dan mungkin hal inilah salah satu penyebab film ini laris manis. 

5. Jung Yu Mi Dihujat Netizen

Jung Yi Min/ Foto: Idntimes.com

Netizen Korea Selatan ternyata memiliki jari-jari yang lebih lihai menghujat dibanding netizen Indonesia. Hal inilah yang membuat para aktor maupun idol Korsel sangat menyembunyikan kehidupan pribadi mereka. Dan hal ini juga dirasakan Jung Yu Mi. 

Mendengar Jung Yu Mi yang akan berperan sebagai Kim Ji Young, para netter Korea berbondong-bondong meninggalkan komentar buruk di sosial medianya. Mereka menganggap Jung Yu Mi salah satu artis yang memperjuangkan feminisme seperti Irene Red Velvet. Namun hal ini tidak terlalu dianggap serius oleh sang aktris. 

6. Ditayangkan di Vietnam

Hasil gambar untuk Kim Ji Young, Born 1982Kim Ji Young/ Foto: Idntimes.com

Selain Korea Selatan, Kim Ji Young, Born 1982 juga ditayangkan di Vietnam. Penayangan dilakukan dengan waktu berbeda dari Korea. Jika di Korea film yang disutradarai Kim Bo-young ini tayang perdana pada 23 Oktober 2019, penayangan di Vietnam sedikit lebih lama. Yaitu pada tanggal 1 November 2019. 

Itulah beberapa fakta menarik film Kim Ji Young, Born 1982 yang berhasil merajai Box Office Korea Selatan. Meskipun mengundang berbagai kontroversi, film ini ternyata berhasil diminati. Karena novel Kim Ji Young, Born 1982 juga sama populernya dengan filmnya. Sayang sekali, film ini tidak tayang di Indonesia, ya.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Anggia
07 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama penulis novel Kim Ji Young Born 1982?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.