Terungkap, Ini Penyebab Gunung Merapi Meletus Tadi Pagi
 


Terungkap, Ini Penyebab Gunung Merapi Meletus Tadi Pagi

Andin
11 May 2018
Poin Ekstra

Gunung Merapi kembali meletus tadi pagi pada pukul 07.40 WIB, bahkan letusan tersebut disertai gempa yang berdurasi sekitar 5 menit. 

Akhirnya Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Kementrian ESDM, Kasbani menjelaskan kalo ketinggian kolom erupsi mencapai 5.500 meter diatas puncak. 

Penyebabnya adalah sentuhan dari air tanah, air laut, air danau kawah, ataupun air hujan ke magma yang ada di dalam bumi (gunung merapi). Nah, panas dari magma membuat air tersebut menjadi uap dan ketika tekanan uap tinggi tak bisa dibendung, terjadilah letusan yang disebut 'Erupsi Freatik'. 

Image result for gambaran erupsi freatik merapigoogle.com

Image result for merapi meletusgoogle.com

Meskipun sempat menyebabkan hujan debu di kawasan Kaliurang Yogyakarta, tapi erupsi itu tidak memunculkan wedhus gembel (aliran mematikan yang keluar dari perut gunung berapi). Jadi, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka pada bencana ini. 

Image result for hujan debu di kaliuranggoogle.com

Tapi, yang paling bikin khawatir adalah kondisi para pendaki, terlihat dari sebuah video yang tersebar di sosial media dan bikin netizen panik. Berikut videonya

Walaupun mereka harus melewati momen yang bikin jantung deg-degan, tapi akhirnya mereka bisa selamat sampai ke zona evakuasi lho. Btw, jaringan seismik gunung Merapi saat ini tidak merekam tanda-tanda peningkatan aktivitas letusan susulan. Jadi intinya, kondisi gunung tersebut sudah aman, tapi para warga sekitar harus tetap waspada yah

Poin Ekstra

Dapatkan

KOIN

Kumpulkan

POIN

Menangkan

HADIAH

499 POIN
Pulsa Semua Operator 25 Ribu
499 POIN
Saldo GO-PAY 25 Ribu
499 POIN
Saldo Mandiri e-Money 25 Ribu
Saldo Mandiri e-Money 25 Ribu
Saldo GO-PAY 25 Ribu
Saldo GrabPay 25 Ribu


Poin Ekstra

Dapatkan Gratis: 1 POIN untuk komentar pertama kamu!

  • Pastikan kamu sudah Login
  • Komentar di Facebook dan DISQUS masing-masing dapat : 1 POIN
  • Pastikan komentar kamu lebih dari 50 karakter

Facebook Comments

Disqus Comments