Ini yang Menyebabkan Rasa Sesak di Dada Pas Lagi Sedih
 


Ini yang Menyebabkan Rasa Sesak di Dada Pas Lagi Sedih

Andin
13 Apr 2018
Poin Ekstra

Pastinya kamu pernah ngerasain sesak didada, pusing, sakit perut, sampe pengen muntah pas lagi sedih ataupun stres. Bener gak?

Jadi ternyata, hal tersebut adalah suatu penyakit fisik yang bernama 'Psikosomatis' dan disebabkan oleh faktor mental. Berbagai penelitian udah membuktikan kalo tubuh bakal bereaksi ketika seseorang mengalami emosi tertentu gaes. 

Buktinya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Maryland dan University of Arizona, Amerika Serikat menemukan beberapa fakta menarik pas seseorang lagi sedih, kecewa, marah dan stress. Situasi tersebut menyebabkan munculnya rasa sakit karena emosi memengaruhi kerja sistem Anterior Cingulate Cortex yang ada di otak. Sistem tersebut berfungsi untuk megnendalikan otot dada, jantung, perut, serta leher. 

giphy.com

Makanya jangan heran kalo diantara kamu ngerasa jantungnya berdebar, perut mual, dan kepala pusing pas lagi sedih, stres, ataupun marah.  Tapi tenang, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakuin untuk mengendalikan hal tersebut. Yaitu dengan mengatur nafas dan minum air mineral. Okeh?

Poin Ekstra

Poin Ekstra

Dapatkan Gratis: 1 POIN untuk komentar pertama kamu!

1
Pastikan kamu sudah Login
2
Komentar di Facebook dan DISQUS masing-masing dapat : 1 POIN
3
Pastikan komentar kamu lebih dari 50 karakter