Misteri Lagu 'Gloomy Sunday' yang Disebut Menyebabkan 100 Orang Bunuh Diri
 

Misteri Lagu 'Gloomy Sunday' yang Disebut Menyebabkan 100 Orang Bunuh Diri

Poin Ekstra

Kalian mungkin pernah dengar kisah tentang lagu "Gloomy Sunday". Lagu ini terkenal karena kabarnya menyebabkan lebih dari seratus orang mengakhiri nyawanya setelah mendengarnya, sampai-sampai dijuluki "lagu bunuh diri". Lalu bagaimana sejarahnya lagu ini sampai bisa menyebabkan kasus kematian dan mendapat julukan tersebut?

Lagu Gloomy Sunday ditulis pada tahun 1932 oleh pianis dan komposer Hongaria Rezso Seress. Lirik asli Gloomy Sunday sebenarnya ditulis oleh Laszlo Javor, seorang penyanyi yang kabarnya meminta kekasihnya untuk bergabung dengannya di pemakaman yang direncanakan.

Image result for gloomy sunday  

Lagu itu membawa pesan untuk melakukan bunuh diri karena cintanya di akhirat, dan tampaknya membawa masalah ke sana-sini. Lagu ini juga ditulis dalam bahasa Inggris pada tahun 1936 dengan lirik yang direvisi oleh Ray M.Lewis, versi yang jelas mengacu pada ajakan bunuh diri. "Suram adalah hari Minggu, dengan bayang-bayang menghabiskan semuanya Hatiku dan aku telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya."

"Segera akan ada lilin dan doa sedih aku tahu. Biarkan mereka tida menangis biarkan mereka tahu bahwa aku senang untuk pegi," begitulah penggalan lirik Gloomy Sunday. Kisah tentang lagu ini sering kali menjadi legenda, dihiasi kisah mengerikan, disertai banyak detail namun tak bisa diverifikasi. Meksi demikian, lagu dan cerita tentang Gloomy Sunday telah dipublikasi secara luas di surat kabar dan majalah populer karena hubungannya dengan kasus bunuh diri.

Setidaknya, 18 kematian akibat bunuh diri di Hongaria dilaporkan memiliki koneksi dengan lagu ini. Menurut majalah Time, dalam artikel berjudul "Musik: Lagu Bunuh Diri," yang diterbitkan 30 Maret 1936, penulis tanpa nama bercerita tentang sejumlah kasus bunuh diri.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
10 Aug 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.