Nicki Minaj Batal Tampil di Saudi Arabia
 

Nicki Minaj Batal Tampil di Saudi Arabia

Poin Ekstra

Bintang hip-hop Nicki Minaj telah membatalkan rencana untuk tampil di Arab Saudi setelah "mendidik" dirinya sendiri atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang mengganggu keluarga kerajaan negara itu.

Penyanyi kelahiran 8 Desember baru-baru ini telah menerima undangan untuk tampil di Jeddah World Fest pada tanggal 18 Juli 2019, dia ditetapkan sebagai bintang tamu untuk pertunjukan pertamanya di negara yang kental akan budaya muslim tersebut. Tetapi pemerintah disana saat ini sedang melakukan konservatif untuk memodernisasi masyarakat dengan membuka bioskop pertama di negara dan mengangkat 'batas' pada bentuk hiburan lainnya.

Namun, setelah kabar Nicki Minaj bakalan tampil dia mendapatkan kecaman dari aktivis hak asasi manusia karena setuju untuk tampil di Arab Saudi, di mana hak-hak perempuan dan anggota komunitas LGBTQ masih sangat terbatas di bawah kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan putranya, Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Demonstran di Yayasan Hak Asasi Manusia mengeluarkan surat terbuka yang mendesak Minaj dan sesama penyanyi lainnya Liam Payne serta DJ Steve Aoki untuk mempertimbangkan kembali konser tersebut, dan pada hari Selasa kemarin, warga New York itu tunduk pada tekanan para pengunjuk rasa.

Hasil gambar untuk jeddah world festharper

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan untuk The Associated Press, dia menulis, "Setelah perenungan yang hati-hati saya telah memutuskan untuk tidak hadir dalam konser yang dijadwalkan di Jeddah World Fest.

"Sementara saya ingin tidak lebih dari membawa pertunjukan saya kepada penggemar di Arab Saudi, setelah mendidik diri saya dengan lebih baik tentang untuk menyelesaikan masalah ini, saya percaya penting bagi saya untuk memperjelas dukungan saya untuk hak-hak wanita, komunitas LGBTQ dan kebebasan berekspresi."

Presiden Yayasan Hak Asasi Manusia Thor Halvorssen berterima kasih kepada Minaj karena membatalkan kinerja dan "kepemimpinannya", menambahkan bahwa "jutaan orang di seluruh dunia terinspirasi oleh pengabdian Anda pada hak asasi manusia dan martabat manusia".

"Inilah yang dinamakan dengan mental kepemimpinan," kata Halvorssen yang dilansir dari Music News. "Kami berterima kasih kepada Nicki Minaj atas keputusannya yang penuh inspirasi dan bijaksana untuk menolak upaya transparan rezim Saudi dalam menggunakan dia untuk aksi hubungan masyarakat."

"Festival 18 Juli di Arab Saudi masih menunjukkan Liam Payne untuk hadir dalam festival tersebut. Kami berharap dia mengikuti jejak Nicki Minaj."

Sebelumnya Thor mengecam keikutsertaan Nicky dengan mengatakan "Apa yang dipikirkan Nicki Minaj? Bagaimana dia berpartisipasi di World Pride satu minggu dan kemudian naik jet untuk mengumpulkan jutaan dari rezim yang memenggal lima pria gay pada April lalu?"

"Tidak ada alasan bagus bagi Minaj untuk melakukan bisnis dengan kediktatoran Saudi."

Sementara itu belum ada keputusan resmi dari Liam Payne dan Aoki mengenai pengunduran Nicki Minaj, kali ini panitia hanya bisa berharap bahwa kedua bintang tamu tersebut bisa bermain.

Tapi hal tersebut masih dianggap tidak lumrah oleh sebagain masyaraka disana, setelah pada tahun lalu, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) memberlakukan sejumlah reformasi sosial dan ekonomi, termasuk menghilangkan polisi agama dari jalan-jalan, mencabut larangan mengemudi wanita, mengizinkan wanita menonton sepak bola, membuka bioskop publik. Namun, dia juga dituduh menahan perbedaan pendapat internal dan menuntut para aktivis hak-hak perempuan.

Jeddah World Fest merupakan salah satu acara musik terbesar yang pernah dipentaskan di Timur Tengah yang tidak sejalan dengan hukum Saudi, adalah alkohol dan bebas narkoba, terbuka untuk orang berusia 16 tahun ke atas dan akan berlangsung di Stadion Olahraga Raja Abdullah di kota Laut Merah.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
10 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Selain Nicki sebutkan salah satu DJ yang mengisi acara Jeddah World Fest?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.