Katy Perry Bertingkah dalam Sidang Plagiarisme Lagu 'Dark Horse'
 

Katy Perry Bertingkah dalam Sidang Plagiarisme Lagu 'Dark Horse'

Poin Ekstra

Kasus plagiarisme sepertinya marak terjadi di kalangan musisi papan atas hollywood, beberapa waktu lalu penyanyi Beyonce sempat dikenai tuntutan oleh musisi asal Afrika Selatan, Petite Noir karena diduga menjiplak karya visualnya dalam video La Maison Noir: The Gift and The Curse. Beyonce diduga menjiplak ide konsep Petite Noir untuk video klip lagu terbarunya Spirit dan Bigger, bahkan judul album kedua lagu tersebut pun dianggap mirip dengan judul video Petite Noir, yaitu The Lion King: The Gift.

Image result for beyonce plagiatgoogle.com

Kini nama Katy Perry menambah daftar musisi yang dikenai kasus plagiarisme. Dilansir dari Variety, ia tersandung masalah akibat salah satu mega hitsnya 'Dark Horse'. Lagu tersebut diduga meniru salah satu lagu rap gospel karya Marcus Gray di bawah nama panggung Flame berjudul 'Joyful Noise' yang diluncurkan lebih dulu pada tahun 2009 silam. Awalnya masih banyak yang tidak percaya kalau Katy Perry menjiplak lagu milik Gray, apalagi penyanyi tersebut sendiri mengakui belum pernah mendengar lagu 'Joyful Noise'. Secara tidak langsung, Katy mengungkap kalau lagu 'Dark Horse' miliknya memang tidak mengandung unsur plagiarisme alias murni karya prbadi.

Tapi, juri pengadilan di Los Angeles sudah memutuskan kalau 'Dark Horse' yang rilis pada 2013 silam terbukti menjiplak secara tidak sah, sebuah lagu rap gospel karya Marcus Gray 'Joyful Noise' yang rilis lebih dulu di tahun 2009. Tim kuasa hukum Gray menyebut Katy Perry melanggar hak cipta setelah pihaknya mendengar banyak kesamaan dari kedua lagu diatas. Menurut mereka ada beat dan nada yang serupa bahkan terdengar berulang. Sedangkan pihak kuasa hukum Katy berpendapat bahawa bagian-bagian lagu yang diduga mewakili jenis elemen musik sederhana, yang tidak seharusnya dipermasalahkan. Bahkan, Katy dan Co-writer hingga produser Dr. Luke yang menggarap Dark House bersaksi tak ada satupun dari mereka yang pernah mendengar lagu 'Joyful Noise'.

Bahkan, untuk membuktikan kalau lagu 'Dark Horse' sama sekali tidak memiliki unsur plagiarisme, Katy Perry dan Luke sampai memanggil pakar untuk mendengarkan secara langsung ada tidaknya kemiripan dari kedua lagu. Beberapa kejadian pun mewarnai persidangan itu, contohnya ketika Katy menawarkan untuk menyanyikan lagu itu secara langsung meski sound system tidak memadai. Kabarnya juga, terjadi penembakan di luar gedung pengadlan saat Dr Luke memberi kesaksian. Sengketa hak cipta biasanya diselesaikan melalui perundingan atau terhenti sebelum persidangan.

Image result for joyful noise flamegoogle.com

Fyi, lagu 'Dark Horse' dirilis pada tahun 2013 silam, video klipnya bersetting di Memphis, Mesir. Lagu tersebut bercerita tentang Ratu Mesir yang diperankan oleh Katy sendiri ketika mengadakan ritual. 'Dark Horse' merupakan salah satu single yang ada dalam album Prism. Album itu sendiri berhasil menempati posisi pertama di Billboard 200 sejak dirilis pada 2013 silam, pada tahun tersebut juga Katy menggelar tur konser bertajuk 'Prismatic World Tour' keliling Amerika untuk promo album.

Image result for dark horse katy perrygoogle.com  

Pemilik nama lengkap Katheryn Elizabeth Hudson mulai dikenal lewat lagu Hot n Cold. Karier Katy Perry juga tak terlepas dari kisah hubungan rumah tangganya dengan Russell Brand yang kemudian bercerai pada 2012. Setelah itu, Katy Perry menjalin cinta dengan John Mayer dan hubungannya kembali kandas. Dibalik kisah percintaannya, Katy merupakan salah satu musisi berprestasi, ia telah menerima banyak penghargaan seperti Guinness World Records, American Music Awards, Brit Award hingga Juno Award. Katy bahkan masuk di daftar tahunan wanita dengan penghasilan tertinggi di musik oleh Forbes dari tahun 2011-2018. Di tahun 2016, kekayaannya mencapai $125 juta, dia merupakan salah satu artis musik dengan penjualan terlaris sepanjang masa, tercatat Katy sudah menjual lebih dari 40 juta album dan 100 juta rekaman secara global selama kariernya.

Image result for dark horse katy perrygoogle.com

Tapi ditengah-tengah kesuksesannya tersebut, nama Katy malah tersandung kasus plagiarisme yang dituntut oleh Marcus Gary. Kini, kasus tersebut sudah memasuki fase pinalti, pengadilan masih mempertimbangkan untuk memutus denda yang harus dibayarkan oleh Katy Perry.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
31 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah yang menciptakan lagu Joyful Noise?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.